Kenali Manfaat Teh Hijau dan Efek Sampingnya

Manfaat Teh Hijau

Teh hijau atau dalam bahasa gaulnya adalah green tea sebenarnya lama populer terutama di Asia Tenggara seperti Korea, Cina, Jepang dan Hongkong. Fakta ini diperkuat ketika november 2016 lalu saya liburan ke Korea Selatan disetap hotel yang saya singgahi selalu menyajikan teh hijau celup sebagai pelengkap breakfast. Berbicara soal rasa dan aroma teh hijau yang saya nikmati di Korea Selatan sungguh luar biasa karena memang belum nemu di Indonesia dan baru waktu itu saya menikmatinya. Di Indonesia sendiri teh bukanlah sebuah minuman yang aneh dan langka mengingat kehadirannya yang sudah lama. Namun karena biasa kita minum dan kita kenal adalah teh yang hitam, sehingga muncul lah beberapa pertanyaan tentang apa itu teh hijau dan apa saja manfaatnya.

Teh Hijau Mardhini Solusi Diet Sehat Alami


Info & Order
Whatsapp: 0823-1573-8111
Mobile phone: 0823-1573-8111
BBM: D579CD04

Apa itu teh Hijau?

Teh hijua Mardhini dibuat dari pucuk teh jenis Camellia sinensis dimana proses pembuatannya hanya dikukus saja dengan tujuan agar kandungan katekin yang berada didalamnya tidak hilang karena proses fermentasi dan pengeringan. Sedangkan teh hitam yang biasa kita konsumsi sehari-hari diproses secara fermentasi sehingga memicu hilangnya kandungan senyawa anti oksidan atau (katekin).

Fakta Tentang Teh Hijau

Dr. Zuo Feng Zhang, peneliti epidemologi kanker dari University of California Los Angeles dan University of Maryland Medical Center mengatakan, minum dua hingga tiga cangkir teh hijau setiap hari dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Hal ini didasarkan pada jumlah polifenol atau senyawa antioksidan aktif dalam teh hijau. Sedangkan menurut para ilmuan lainnya menyarankan untuk mendapatkan 240 sampai 320 miligram polifenol setiap harinya, maka konsumsi teh hijau yang disarankan yaitu sekitar 2 hingga 3 gelas/hari pada orang yang sehat.

Baca Juga : Benarkah Green Coffee Bisa Turunkan Berat Badan?

Salahsatu manfaat utama dan sudah banyak dicoba orang adalah teh hijau diyakini dapat membantu proses penurunan berat badan (program diet) sehat alami. Beberapa ilmuwan telah mengidentifikasi 6 jenis katekin dalam teh hijau dan salah satunya adalah epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG yang ada dalam kandungan teh hijau bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori sehingga pada dapat membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, teh hijau asli dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan.

Tips
Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan teh hijau, konsumsilah teh hijau asli dengan dosis yang dianjurkan. Selama menjalankan program, hindari makan makanan yang berlemak dan berminyak plus hindari makanan apapun yang memicu kegemukan. Konsumsi makanan bergizi tinggi, kaya serat dan hindari makanan yang rendah kalori juga imbangi dengan olahraga sederhana seperti jogging atau bersepeda. Jangan perbanyak konsumsi air putih. Jangan pernah membayangkan jika Anda mengkonsumsi teh hijau bisa langsing cepat tanpa mengubah Gaya hidup dan pola makan Anda sendiri. Logikanya begini: Jika Anda sakit asam urat lalu pergi ke doter kemudian dokter memberikan obat dan memberitahu Anda jangan pernah makan Bayam. Jika Anda ingin sembuh apakah Bayam akan tetap Anda makan meskipun sudah ada obat?. Begitu juga diet dengan teh hijau, jika ingin hasilnya cepat, hindari makanan yang dipantang. Satu hal yang harus Anda waspadai adalah jangan mudah percaya terhadap seller yang menjual supplement diet apapun yang mengkalim produk mereka bisa melangsingkan badan tanpa mengubah pola makan, olahraga dalam waktu cepat. Bisa jadi produk tersebut bohong atau palsu.

Seperti diketahui, manfaat Antioksidan sangat baik untuk tubuh karena dapat membantu menangkal radikal bebas. Begitu juga dengan kandungan antioksidan yang terdapat didalam teh hijau yaitu dapat membantu menangkal radikal bebas. Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau asli sesuai anjuran, kesehatan tubuh dapat terjaga.

Tubuh yang tidak mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit disebabkan oleh system kekebalan tubuh yang baik. System kekebalan tubuh pada prosesnya memerlukan kandungan mineral seperti seng untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi teh hijau asli sebagai sumber mineral yang juga termasuk mineral seng di dalamnya, dapat membantu mencegah timbulnya berbagai penyakit, sebab system kekebalan tubuh akan bekerja secara optimal.

Karena dalam teh hijau mengandung antioksidan yang baik, mengkonsumsi teh hijau dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit yang disebabkan oleh adanya paparan sinar ultraviolet. Tak hanya itu, antioksidan yang terkandung dalam teh hijau bisa membantu penyembuhan dan menghilangkan *sel kanker pada kulit*.

Adanya antioksidan memang sangat penting untuk tubuh. Mengkonsumsi teh hijau yang memiiki kandungan antioksidan tinggi juga penting. Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang tidak sekedar menyehatkan tubuh. Namun, antioksidan juga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

Jangan khawatir jika mengkonsumsi teh hijau dalam keadaan perut kosong. Kafein pada teh hijau akan bekerja pada saat perut kosong. Kandungan kafein pada teh hijau ini dapat membantu proses pembakarn lemak yang ada pada tubuh.

Ini disebabkan karena teh hijau akan menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit gigi karena salahsatu penyebab utama bau mulut adalah bakteri.Teh hijau juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan gusi.

Pada umumnya antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau mampu menjaga kesehatan kulit dari penyakit kulit dan kanker. Lebih spesifiknya lagi, kandungan antioksidan yang terdapat didalam teh hijau asli mampu membersihkan kotoran yang menempel pada pori wajah yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat. Jangan takut sama yang namanya jerawat, sebab dengan rutin minum teh hijau asli, akan membuat wajah terbebas dari problem jerawat.

Syaraf berperan penting di dalam tubuh, dimana fungsinya mampu untuk menggerakkan setiap bagian tubuh. Ketika syaraf tidak bisa menerima dan menyampaikan pesan dari otak menuju berbagai organ, otomatis organ dan bagian tubuh tidak dapat bergerak. Untuk membantu kerja syaraf tersebut, syaraf memerlukan kalium sebagai zat yang dapat membantunya untuk meningkatkan kinerja syaraf tersebut. Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau asli, kebutuhan kalium dapat terpenuhi.

Efek Samping Konsumsi Teh Hijau Berlebihan

Dalam teh hijau, Kafein dan katekin (antioksidan) dikenal banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Namun jika dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan bisa menyebabkan efek samping yang buruk untuk kesehatan tubuh. Berikut efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi teh hijau secara berlebihan.

  • Berisiko mengalami defisiensi zat besi jika dikonsumsi oleh anak kecil, wanita hamil, serta wanita yang sedang menstruasi.
  • Katekin dalam teh hijau bisa mengganggu penyerapan zat besi dari makanan yang Anda makan.
  • Mengonsumsi terlalu banyak kafein bisa meningkatkan perasaan cemas, gangguan tidur, hingga sakit pada perut dan kepala bagi beberapa orang.
  • Minum teh hijau dapat menganggu pengobatan tertentu dan menurunkan keefektifannya akibat antioksidan di dalamnya yang terlalu kuat.
  • Jika diminum dengan obat tertentu, teh hijau bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.
  • Minum kafein dalam jumlah besar pada saat kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi cacat lahir dan keguguran.

*Disclaimer : Hasil Tiap individu berbeda-beda, tergantung dari berbagai Faktor termasuk metabolisme tubuh.

Reviews

3.00

Features Rating
Ulasan Penulis

1 Comment

  • Reply fuadproperty Juni 15, 2018 at 1:10 pm

    Menfaat teh hijau.jngan di ragukan lgi
    Saya konsumsi teh hijau sudah 1 tahun lebih.dampaknya tidak pernah ke dokter lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.*