Manfaat buah melon bagi kesahatan tubuh bisa anda rasakan jika anda rajin mengkonsumsi buah yang satu ini. Selain enak, buah ini memiliki banyak vitamin. Melon atau dalam bahasa latin bernama Cucumis melo L. adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi sebagai makanan penutup. Banyak jamuan makan malam ataupun hidangan pencuci mulut menggunakan melon sebagai menu andalan. Rasa buah melon yang sangat khas membuat banyak orang menyukai jenis buah ini. Paduan apik antara rasa manis, renyah, legit serta aroma khasnya membuat buah ini makin digemari hampir segenap lapisan masyarakat di seluruh dunia. Biasanya buah melon dinikmati saat cuaca sedang panas karena kandungan airnya yang menyejukan.

Tapi apakah anda pernah bertanya tanya tentang asalnya buah legit ini? Ataukah pernah anda mencari tau dan mengukur berapa banyak kandungan gizi yang terdapat dalam satu porsi buah melon? Atau apakah anda pernah mengetahui apa saja manfaat buah buah naga untuk kesehatan anda? Anda tak perlu khawatir, kami hadir di sini untuk mengupas tentang Manfaat buah melon secara mendetail untuk anda. Baik dari segi asal usul hingga manfaat dan kandungan gizi di dalamnya, akan kami kupas tuntas di sini. Namun, sebelum membahas tentang serba serbi dari Manfaat buah melon, alangkah baiknya mengenali asal muasal buah unik ini.

Asal Muasal Buah Melon

Tahukah anda bahwa sebenarnya tanaman merupakan endemik daerah Mediterania. Masyrakat daerah Mediterian yang berada di perbatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika sering menjadikan melon sebagai konsumsi umum setelah makan. Tanaman ini, menurut catataan kemudian menyebar luas ke arah Timur Tengah dan merambah hingga ke Eropa seperti Denmark, Belanda, dan Jerman. Beberapa sejarawan menyatakan bahwa tanaman ini mulai menyebar ke luar daratan Eropa dan Asia sejak abad ke-14 lewat suatu ekspedisi. Akhirnya, buah melon mulai menyebar ke segala penjuru dunia, terutama pada daerah tropis dan subtropis mulai dari daratan Jepang, China, Taiwan, Australia, hingga masuk ke perairan Indonesia. Masyarakat Amerika kemudian membawa tanaman ini dan dibudidayakan secara luas di daerah Colorado, California, dan Texas.

Buah melon sebenarnya sudah terkenal luas di daerah namun sebelum tahun 1980-an, buah ini dikenal sebagai buah impor dan hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu. Namun, kemudian pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan tentang peredaran buah impor. Alhasil, banyak pengusahan agribisnis mulai memebudidayakan buah melon di Indonesia. Saat itu, hanya beberapa daerah seperti Cisarua (Bogor) dan Kalianda (lampung) yang dimiliki oleh PT. Jaka Utama, memperkenalkan cara menanam buah ini secara masal. Setelah banyak uji coba budidaya buah melon  di tanah nusantara, hanya verietas melon dari Taiwan yang paling terkenal hingga sekarang.

Kandungan Gizi dari Buah Melon

Seperti kebanyakan jenis buah buahan, buah melon juga kaya akan nutris yang baik untuk tubuh. Buah melon sendiri memiliki berberapa kandungan gizi yang amat baik jika dikonsumsi secara rutin. Sebut saja vitamin, serat, air, pottasium, fosfor, dan karbohidrat, banyak terdapat dalam buah melon. Agar tak salah memahami manfaat serta kandunga gizi di dalam seprosi buah melon, kini kami memebrikan rincian tentang kandungan gizi yang diikuti dengan manfaat dari buah hijau nan legit ini.

  • Vitamin A

Layaknya tanaman buah yang lain, buah melon memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan anda. seeprti dikutip dari medikus, buah melon merupakan sumber viatmin A yang sangat baik untuk tubuh. Tercatat, ditiap 100 gram melon tersimpan 3382 IU atau sekitar 112%  dari tingkat harian yang disarankan. Vitamin A sendiri memiliki beberapa fungsi penting dalam metabolisme tubuh anrtara lain membantu sel berproduksi secara normal atau dalam bahasa ilmiah diferensiasi selular. Vitamin A juag dinilai baik untuk penglihatan dan bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan embrio dari janin secara normal.  Tak hanya itu, dikutip dari health, kandungan Vitamin A dalam melon mampu membantu tubuh dalam mengurangi pertumbuhan abnormal dari sel-sel pada leher rahim. Sebuah studi menyebutkan bahwa retinoid yang ada di vitamin A mampu mengembangkan beta-karoten unutk memproteksi diri dari kanker kulit.

  • Vitamin C

Selain kaya akan Vitamin A, buah melon juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Kombinasi yang baik antara vitamin A, C, serta karotenoid dan bioflavonoid yang ada dalam tubuh bersifat sebagai anti oksidan alami. Itulah mengapa dengan mengkonsumsi buah melon dapat melindungi tubbuh anda dari berkembangnya sel sel kanker dalam tubuh.  Sifat Vitamin C yang mudah larut dalam air hingga sangat mudah dalam pengkonsumsiannya. Biasanya vitamin C terdapat di dalam berbagai jenis buah dan sayuran. Tercatat, buah melon mengandung 36,7 mg atau 61 % kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh.

  • Kalium

Manfaat buah melon yang akan kita bahas selanjutnya datang darii kandungan kalium. Seperti dikutip dari kompas.com,bahwa seporsi melon segar mengandung sebesar 358 miligram kalium. Secara garis besar kalium sendiri sangat berguna untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Kalium merupakan salah satu dari sekian banyak jenis meinral yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain sebagai salam satu mineral yang membantu pembentukan sel, kalium juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, otak, ginjal serta kestabilan otot.

  • Potasium

Melon sarat akan kandungan Potasium di dalamnya. Kandungan potasium dalam buah melon akan membantu darah untuk mengangkut lebih banyak kalium daripada seporsi buah pisang. Dengan mengkonsumsi melon secara teratur anda akan ikut serta dalam aksi melindungi kesehatan jantung. Potasium akan memperlancar fungsi jantung, impuls syaraf, dan kontraksi otot dalam tubuh anda.Tak hanya itu, potasium dalam buah melon juga berperan dalam mengurangi bahaya dari makanan yang mengandung sodium. Tercatat, dalam saecangkir buah melon, terdapat kandungan 473 mg potasium di dalamnya.

  • Kolagen

Seperti dikutip dari griyabugar.com bahwa per 100 gram buah melon mengandung gizi yang sangat penting dalam tubuh manusia antara lain 4,8 gram karbohidrat, 1,55 gram protein, 546,9 mg potassium, 0,5 gram lemak, 5.706,5 IU vitamin A ( yang diklaim mampu mencukupi 64 % kebutuhan harian akan vitamin A), 74,7 mg Vitamin C ( yang  diklaim memenuhi 12 % kebutuhan harian dari vitamin C). selain kandungan kandungan nutrisi di atas, ada salah satu mineral yang tak kalah  penting bagi tubuh yaitu kolagen. Kolagen sendiri adalah senyawa yang penting untuk menangkal penuaan dini dan penyembuhan luka

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Buah melon memang tersohor akan rasanya yang khas. Di dalam buah melon terkandung banyak vitamin dan mineral yang sudah diuraikan di atas. kombinasi yang baik antara baik antara antara vitamin dan mineral di dalamnya menghasilkan banyak manfaat yang bersifat pencegahan untuk tubuh anda. Tak hanya itu, kandungan air di dalamnya pun sangat menyegarkan. Kandungan air dari buah melon sendiri mampu mengatasi kekurangan tubuh akan cairan jika dikonsumsi secara rutin.  Tak heran buah ini banyak dikonsumsi oleh orang banyak sebagai penyembuh dahaga. Namun, pernahkan anda mengetahui bahwa selain menyegarkan, buah melon kaya akan manfaat bagi tubuh anda. Berikut adalah beberapa manfaat buah melon yang dinilai dari kandungan nutrisi di dalam yang mungkin belum anda ketahui.

  • Regenerasi Anti Bodi

Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia membutuhkan vitamin C untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan yang mulai rusak oleh radikal bebas. Kandungan vitamin C dalam buah melon akan membentuk kolage dan protein penting yang nantinya akan digunakan oleh tubuh untuk meregenerasi kulit, tulang rawan, tendon, ligamen dan pembuluh darah. Vitamin C juga sangat diperlukan dalam penyembuhan luka dan mampu memperbaiki dan menjaga tulang dan gigi. Tak hanya itu, kandungan vitamin C dalam melon mampu membantu tubuh anda untuk menyerap zat besi dari sumber non-heme.

  • Menurunkan kadar Kolesterol

Menikmati buah melon pada siang hari memang sangat menyegarkan. Selain memikat hati karena kesegarannya, buah melon juga kaya akan manfaat. Melon dikemas oleh kandungan nutrisi yang sangat membantu tubuh untuk mengelola tekanan darah, misalnya. Kandungan dari melon yak kaya akan gizi tentunya akan menjaga aliran darah anda mengalir secara lancar dan efisien dan tentunya akan mengurangi resiko kolesterol. Hasil penelitian menyatakan yang dikutip dari medikus.com, bahwa vitamin C mampu menurunkan kadar kolesterol dan terbukti mampu melindungi arteri  terhadap kerusakan. Vitamin C dipercaya mampu memperlambat perkembangan aterosklerosis yang mampu mengeraskan pembuluh darah. Tak hayal jika mengkonsumsi melon secara teratur juga membantu menjaga arteri anda tetap fleksibel hingga terhindar dari penyakit jantung.

  • Mencegah Penyakit Stroke

Kelebihan dari kandungan kalium dalam melon tak berhenti sampai di situ saja. Kalium juga mampu mencegaj penyakit stroke apabila asupan kalium sesuai dengan kebutuhan harian. Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa stroke mengakibatkan banya kematian fungsi organ tubuh. Dengan mengkonsumsi 100 gram melon perhari anda bisa selangkah lebih jauh terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung yang mematikan.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Secara singkat, kata kolagen sendiri datang bahasa yunani yang berarti gula (kola) dan produksi (gen). Jika diartikan secara garis besar, kolagen adalah zat yang bersifat mengikat dan mempercepat  regenerasi terlebih pada saat terjadi luka pada kulit. banyak yang berpikir bahwa kolagen melulu tentang menjaga kekencangan tubuh. Selain menjaga kekencangan tubuh, fungsi kolagen juga mendukung penyaluran nutrisi ke otak

  • Mengobati Insomnia

Kandungan kolagen dalam melon nyatanya mampu mempertajam memori dan mengobati insomnia. Hal ini dikarenakan jaringan kolagen sangat berpenagruh pada kinerja saraf karnial pada otak. Semakin tipis jaringan kolagen yang didapat otak maka berakibat pada kurangnya konsentrasi, pusing, pelupa hingga gangguan tidur insomnia. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi melon secara teratur juga akan membawa dampak baik bagi rambut anda. kolagen dalam buah melon mampu meperkuat akar rambut da merangsang pertumbuhan rambut baru lebih cepat.

Bila ditelah lebih dalam banyak sekali manfaat buah melon yang bisa anda nikmati baik untuk kesehatan anda. Oleh karena itu, mulai sekarang rutinlah mengkonsumsi buah melon agar asupan gizi anda terus bertambah dan akan berdampak baik bagi kesehatan anda.