Manfaat Kulit Buah Naga Yang Belum Banyak Diketahui

Saat ini memang yang namanya buah naga bukan lagi menjadi buah yang asing bagi banyak orang. Karena kini buah naga juga menjadi salah satu jenis buah yang sangat populer di Indoensia, dan juga banyak di jual , baik itu di toko buah, supermarket hingga berbagai macam pasar tradisional. Buah naga sendiri memiliki daging yang berwarna merah dan juga putih. Namun berdasarkan penelitian, kalau daging buah naga yang berwarna merah ini justru memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging buah naga yang berwarna putih. Karena pigmen daging buah naga yang berwarna merah tersebut mengandung phytoalbumins, lypopene, dan juga flavanoid. Cara mengkonsumsi buah naga sendiri bisa langsung kita makan tanpa harus di olah terlebih dahulu, namun buah ini memang akan terasa lebih nikmat dan menyegarkan jika dijadikan sebagai jus. Selain itu juga, buah naga bisa di olah menjadi salada, puding dan yang lainnya.

Buah naga sendiri adalah salah satu jenis tanaman yang masuk dalam kelompok kaktus, dan termasuk didalam marga Hylocereus dan Selenicereus. Asal buah ini yaitu dari Amerika tengah, Amerika selatan dan juga Meksio. Namun saat ini semakin banyak saja negara yang sudah mulai membudidayakan buah naga, tak terkecuali dengan Indonesia. Selain memang rasa dari buah naga ini sangat menyegarkan dan juga lezat, kandungan nutrisi yang ada didalamnya pun sangat luar biasa sekali. Jadi tak mengherankan kalau buah naga juga menjadi salah satu jenis buah-buahan yang kini semakin banyak saja penggemarnya. Apalagi buah naga juga di kenal dengan berbagai macam khasiat ataupun manfaatnya bagi kesehatan.

Bentuk dari buah naga ini memang cukup unik sekali, yaitu dengan memiliki kulit yang tampak seperti sisik naga. Sehingga buah ini memang disebut sebagai frutit dragon atau buah naga. Karena memiliki kulit luar yang memang menyerupai seperti sisik naga. Tanamannya dari buah naga sendiri memang hampir mirip seperti kaktus. Selain itu juga, jenis buah naga pun memang sangat beragam, namun yang paling terkenal adalah buah naga dengan daging berwarna merah dan juga buah naga dengan daging berwarna putih. Manfaat buah naga bagi kesehatan memang sudah tidak di ragukan lagi, namun apakah anda sudah tau kalau ternyata ada banyak pula berbagai macam manfaat kulit buah naga ini. Baik itu manfaat kulit buah naga untuk kesehatan ataupun kecantikan. Jadi kalau anda mengkonsumsi buah naga, sebaiknya jangan membuang kulitnya, karena ada banyak pula manfaat atau khasiat yang dimiliki oleh kulit dari buah naga tersebut.

Inilah Manfaat Kulit Buah Naga Yang Belum Banyak Diketahui

Penasaran mengenai apasajakah berbagai macam manfaat kulit buah naga tersebut. Untuk itu, anda bisa menyimak beberapa info dan juga ulasan yang akan kami bahas mengenai manfaat kulit buah naga, diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu manfaat kulit buah naga adalah membantu untuk menyehatkan ginjal. Apalagi yang namanya ginjal merupakan salah satu organ vital bagi tubuh, dan jika ginjal bermasalah tentu saja akan sangat membahayakan sekali bagi kesehatan.

Mencerahkan Kulit Wajah

Ternyata manfaat kulit buah naga ini juga bisa membantu untuk mencerahkan kulit pada wajah. Sehingga membuat kulit anda yang tadinya kusam menjadi lebih cerah dan juga menawan. Cara menggunakannya pun terbilang cukup mudah sekali, yaitu anda hanya cukup mengeringkan kulit dari buah naga yang sudah di potong kecil-kecil selama 2 hari. Jika kulit dari buah naga tersebut sudah kering, anda bisa menyeduhkan seperti menyeduh teh. Agar rasanya lebih enak, bisa menambahkan dengan sedikit gula. Minumlah ramuan dari kulit buah naga ini 2 gelas setiap harinya. Anda bisa merasakan khasiatnya, yaitu kulit menjadi lebih cerah dan menawan.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat lain yanng dimiliki oleh kulit buah naga adalah membantu untuk mencegah terjadinya kanker pada tubuh. Cara penggunaanya pun hampir sama dengan sebelumnya, yaitu anda bisa menyeduh teh dari kulit buah naga ini, dan mengkonsumsinya secara rutin. Dengan rutin mengkonsumsi teh dari kulit buah naga, bisa mematikan dan juga menghambat sel-sel kanker didalam tubuh.

Menangkal Radikal Bebas

Kandungan vitamin B, vitamin C, fosfor, betakaroten, kalsium, dan berbagai macam nutrisi serta senyawa lain yang terdapat pada kulit buah naga ini juga bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas. Yaitu yang merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya berbagai macam jenis penyakit degeneratif berbahaya.

Masker Wajah

Anda juga bisa menjadikan kulit dari buah naga ini sebagai masker untuk wajah. Caranya juga sangat mudah sekali. Tumbuhkan kulit dari buah naga, dan langsung anda bisa oleskan pada kulit wajah hingga rata. Diamkan beberapa saat hingga mengering, barulah kemudian anda bisa membilasnya dengan air yang bersih. Kulit wajah akan tampak lebih lembab dan juga kencang dengan menggunakan masker dari kulit buah naga ini.

Menghilangkan jerawat Jerawat juga bisa hilang dengan menggunakan masker dari kulit buah naga ini. Gunakan 3 kali dalam sehari masker dari kulit buah naga ini, agar hasilnya lebih maksimal dan jerawat bisa menghilang.

Melancarkan Pembuluh Darah

Jika pembuluh darah menjadi tersumbat, maka salah satu efeknya bisa pecah, karena hal tersebut diakibatkan oleh aliran darah yang dari jantung sangat tinggi. Salah satu manfaat kulit buah naga ini bisa dijadikan sebagai obat untuk melancarkan dan juga melenturkan pembuluh darah.

Mencegah Tumor

Kulit dari buah naga juga tak hanya bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker saja. Namun manfaat lain yang dimiliki oleh kulit buah naga ini adalah membantu untuk mencegah terjadinya penyakit tumor yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Mendeteksi Borak Dan Formalin

Ternyata manfaat kulit buah naga ini tak hanya untuk kesehatan dan juga kecantikan saja. Namun juga bisa digunakan untuk mendeteksi borak dan juga formalin. Carannya juga cukup simple, yaitu anda bisa menyiapkan kulit dari buah naga, yang sudah di potong terlebih dahulu. Setelah itu, rendamlah didalam air tawar, dan tambahkan sedikit perasan air dari jeruk nipis. Tunggu hingga air tersebut berubah warna menjadi kemerahan. Celupkan tisu kedalam air rendaman kulit buah naga tersebut, kemudian tempelkan pada makanan yang akan anda uji. Jika warna tisu tetap tidakk berubah warna, maka makanan tersebut mengandung borak atau formalin, naun jika sebaliknya, yaitu tisu memudar dan kembali menjadi putih, makanan tidak mengandung borak atau formalin, sehingga aman untuk di konsumsi.

Info yang sudah kami bahas dan juga ulas mengenai berbagai macam manfaat kulit buah naga, baik itu untuk kesehatan ataupun kecantikan ini, semoga bermanfaat dan juga menjadi referensi bagi anda. Serta semakin menambah wawasan yang anda miliki.

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*