Manfaat Buah Pinang Serta Efek Samping Ketika Mengkonsumsinya

Manfaat buah pinang memang banyak sekali namun ada efek sampingnya jika dikonsumsi. Apa efek sampingnya? Berikut ini ulasannya. Tentu saja anda sudah sangat familiar sekali mendengar yang namanya pohon pinang. Dimana pohon ini sendiri biasanya akan dengan mudah kita jumpai saat perayaan kemerdekaan atau 17 agustus. Karena pohon pinang di jadikan sebagai salah satu media untuk perlombaan, atau yang dikenal dengan panjat pinang. Nantinya pohon pinang tersebut akan di lumuri dengan oli, agar peserta mengalami kesullitan ketika akan panjat pinang untuk meraih hadian yang ada di punca pohon. Sebenarnya pohon pinang sendiri memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pohon kelapa, akan tetapi ada beberapa sediki perbedaan antara pohon pinang dengan pohon kelapa. Dimana batang dari pohon pinang ini bentuknya langsing dan juga lurus menjulang keatas. Ketinggiannya sendiri bisa mencapao hingga 25 m. Perbedaan lainnya juga terdapat pada tangkau daun yang dimiliki, untuk tangkau daun dari pohon pinang ini lebih pendek dibandingkan dengan daun kelapa. Serta ukuran dari buah pinang juga lebih kecil dibandingkan dengan ukuran dari buah kelapa.

Pohon pinang sendiri bisa tumbuh di daerah yang tropis. Termasuk juga di Indonesia. Banyak sekali berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh pohon pinang ini. Mulai dari batangnya yang bisa di jadikan untuk talang air. Daunnya yang bisa di pakai untuk anyaman, dan tentu saja manfaat buah pinang yang sangat banyak sekali. Karena memang sudha sejak dulu, sejak zaman nenek moyang, buah pinang ini banyak di manfaatnya untuk berbagai macam hal. Terutama adalah untuk kesehatan.

Manfaat Buah Pinang

Kali ini yang akan kami bahas lebih detail lagi adalah mengenai berbagai macam manfaat buah pinang , terutama adalah bagi kesehatan. Silahkan anda bisa menyimak infonya dibawahh ini, mengenai berbagai macam manfaat buah pinang bagi kesehatan, diantaranya yaitu :

Mengatasi Masalah Mulut Kering

Manfaat buah pinang yang pertama adalah di gunakan sebagai obat untuk mengatasi yang namanya masalah mulut kering. Caranya adalah dengan menguyang buah pinang ini untuk dijadikan sebagai sirih.

Menyehatkan Gigi Dan Gusi

Buah pinang juga bisa digunakan untuk membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat dan juga kuat. Anda bisa mengunyah beberapa irisan dari buah pinang.

Obat Cacing

Cacingan yang biasanya sering di alamai oleh ayam pun bisa di atasi dengan menggunakan buah pinang ini. Caranya yaitu sediakan buah pinang sebanyak ¼ bagian, temulawak sekitar ruas jari, kemudian bahan tersebyt di rebus,, dan saringlah airnya. Setelah itu minuman air rebusan tersebut berikan kepada ayam. Agar produksi telur pun bisa terbesas dari cacing.

Mengobati Luka Pada Kulit

Kulit anda terluka, untuk mengatasinya agar luka tersebut bisa cepat sembuh adalah dengan menggunakan buah pinang yang di tumbuk halus. Setelah itu, tempelkan tumbukan dari buah pinang tersebut ke dalam luka yang belum sembuh tersebut.

Mengencangkan Vagina

Buah pinang juga ternyata bisa dijadikan sebagai obat untuk mengencangkan vagina, terutama digunakan pasca pemulihan setelah melahirkan. Caranya adalah dengan merebus buah pinang tersebut, kemudian saring air rebusan buah pinang, dan minumlah airnya.

Meningkatkan Gairah Seksual

Tak hanya sekedar bisa membantu untuk mengencangkan vagina saja, akan tetapi yang namanya buah pinang ini juga bisa membantu untuk meningkatkan gairah seksual bagi pria. Dimana senyawa yang terdapat pada buah pinang ini bisa membantu menstrumulasi hormon atau gairah seksual semakin meningkat. Akan tetapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan jika akan mengkonsumsi buah pinang.

Mencegah Pengeluaran Darah Berlebih

Buah pinang yang masih muda ini, bermnafaat untuk membantu mencegah terjadinya pengeluaran darah yang berlebi. Cara penggunaannya dengan merebus terlebih daru buah pinang tersebut, kemudian mengkonsumsi secara rutin rebusan dari buah pinang tersebut.

Obat Sakit Pinggang

Selain buahnya, ternyata daun dari buah pinang ini juga bisa membantu untuk mengobati sakit pinggang. Caranya adalah denngan menumbuk lembar dari daun pinang tersebut, setelah itu langsung kompreskan pada pingga yang sakit.

Obat Kudis

Manfaat buah pinang juga bisa di gunakan untuk mengobati penyakit kudis. Caranya adalah dengan mengambil biji buah pinang yang masih muda, kemudian parutlah biji tersebut, campurkan dengan ½ sendok teh dan juga 2 gelas air. Aduk rasa dan oleskan pada bagian yang ada kudisnya.

Manfaat buah pinang memang ada banyak sekali bagi kesehatan, bahkan pohon pinang pun bisa dijadikan juga sebagai tanaman hias. Indonesia pun mengekspornya hingga ke berbagai macam negara tetangga. Seperti Banglades, Malaysia , dan negara lainnya. Buah pinang juga bisa di jadikan sebagai bahan dasar untuk membuat makanan, salah satunya adalah digunakan untuk membuat permen atau manisan. Jika buah pinang tersebut sudah matang, maka warnanya akan kemerahan atau kekuningan. Akan tetapi jika buah pinang belum matang, warannya adalah hijau. Sedangkan pelepahanya, bisa di gunakan untuk anyaman, dan ketika pelepah tersebut sudah mengering maka akan jatuh dengan sendirinya.

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Pinang

Memang yang namanya manfaat buah pinang ini ada cukup banyak sekali bagi kesehatan. Akan tetapi kalau buah pinang di konsumsi secara berlebihan, ternyata memiliki efek sampingnya. Terutama dikonsumsi jika anda sudah pulih darii penyaki, maka sebaiknya hentikan . karenna di dalam buah pinang ini di percaya mengandung racun, dan jika dikonsumsi secara berlebihan oleh tubuh, akan ssangat membahayakan sekali. Seperti contohnya buah pinang ini digunakan untuk menyirih secara berlebihan, maka bisa menyebabkan anemia, atau kekurangan darah. Sehingga bagi ibu yang sedang hamil pun memang sebaiknya menghindari yang namanya buah pinang.

Selain itu juga, mengkonsumsi buah pinang secara berlebihan ini akan memberikan efek buruk bagi mereka yang memiliki tekanan darah rendah ataupun tinggi. Karena didalam buah pinang ini mengandung yang namanya senyawa arekaina dan juga arekolina, yang bisa menjadi racun. Detak jantung juga menjadi tidak beraturan jika mengkonsumsi buah pinang ini secara berlebihan. Bahkan jika kita terlebih banyak mengkonsumsi buah pinang, bisa memicu terjadinya penyakit kanker.

Kandungan Senyawa Kimia Pada Buah Pinang

Buah pinang ini mengandung berbagai macam senyawa kimia yang ada didalamnya, diantaranya yaitu :

  • Arecaidine atau arecaine
  • Tannin
  • Guvacoline
  • Guvacine

Info yang sudah kami bahas mengenai berbagai macam manfaat buah pinang, efek samping mmengkonsumsi buah pinang, dan juga berbagai macam kandungan senyawa kimia yang ada pada buah pinang ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya. Serta bisa semakin menambah wawasan anda mengenai manfaat dari buah-buahan, terutama adalah buah pinang ini. Anda juga menjadi mengerti kalau ternyata mengkonsumsi buah pinang secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan, karena seperti yang sudah di bahas sebelumnya, kalau mengkonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*