Siapa yang kenal buah naga? Buah yang menyerupai sisik naga ini memang sangat digemari oleh banyak kalangan karena rasanya yang  manis dan bentuknya yang unik. Namunjangan pernah terkecoh pada bentuk luar yang sama. Meskipun seragam dari penampilan tapi Jika dbelah, ternyata daging buah naga beraneka ragam. Berbeda dengan jenis buahan lain yang memiliki keseragaman baik rupa luar dan dalam, buah naga bertolak belakang dengan semua itu. jika dibedakan dari rupa, buah naga dibedakan menjadi beberapa jenis seperti merah, naga hitam, naga putih dan juga naga kuning yang berbeda pula tingkat kemanisannya. Banyak orang yang mengatakan bahwa buah naga berdaging putih dan merahlah yang memiliki manfaat lebih banyak untuk kesehatan. Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat buah naga, alangkah baiknya mengenali asal muasal buah unik ini.

buah nagaTapi apakah anda pernah bertanya tanya tentang asal muasal dari buah eksotis ini? Ataukah anda pernah mengukur berapa banyak gizi yang terdapat dalam satu porsi buah naga? Atau anda pernah mengetahui manfaat buah buah naga untuk kesehatan anda? tak perlu khawatir, kami di sini akan mengupas tentang Manfaat buah naga secara mendetail. Baik dari segi asal usul hingga manfaat dan kandungan gizi di dalamnya, akan kami kupas di sini. Berikut adalah Manfaat buah naga yang dirangkum dari berbagai sumber.


Asal Usul Buah Naga

Buah yang sempat menggemparkan karena rupanya yang unik ini, termasuk dalam jenis tanaman kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicerus atau bahasa singkatnya, tanaman kaktus yang merambat. Menurut catatan yang ada, buah ini bersa dari pedalaman  Meksiko, Amerika Tengah dan kini banyak dikembang biakan di berbagai negara beriklim tropis. Buah naga memiliki banyak variant namun yang paling terkenal adalah yang berdaging buah merah dan putih. Buah yang akrab dipanggil dragon fruit atau pitaya dalam bahasa inggis ini, biasa tumbuh di daerah bersushu rata 38-40 celcius dan bercurah hujan antara 600-1.300 mm per tahunnya. Buah yang biasa tumbuh dengan rata rata berat buah berkisar 300-500 gram ini hanya mekar pada malam hari.

Di kepercayaan masyarakat vietnam dan cina, buah naga dianggap sebagai tanaman pembawa berkah. Kebanyakan dari masyarakat kedua negara tersebut meletakan si buah naga merah ini diantara dua ekor patung naga berwarna kehijauan di altar pemujaan. Pada dasarnya, buah naga dapat tumbuh di kondisi tanah dan ketinggian lokasi apapun. Sayangnya, tanaman ini cukup banyak menghabiskan unsur hara suatu tanah, sehingga apabila tanah tempat menanam mengandung pupuk yang bagus, maka bagus pula pertumbuhan buahnya. Selain mudah didapat, buah naga sangat mudah untuk dikonsumsi. anda bisa memakan buah naga ini layaknya mengkonsumsi buah kiwi (dengan cara dibelah dan dinikmati buahnya) atau dijadikan olahan jus. Buah naga memiliki sektar 90 persen kandungan air. Tak heran banyak orang memilih untuk mengkonsumsi buah naga dalam cuaca panas.


Kandungan Gizi Buah Naga

Sebelum membahas lebih lanjut tentang berbagai manfaat dari buah yang satu ini, alangkah baiknya untuk mengupas macam macam nutrisi yang terkandung dalam satu porsi buah naga. Kandungan kandungan nutrisi nantinya sangat berguna untuk pencegahana berbagai penyakit ringan hingga kronis. Berikut adalah beberapa jenis nutrisi dan nilai gizi yang anda dapatkan saat menikmati seporsi buah naga. Disimak baik baik yah pembaca.

  • Vitamin

Tak bisa dipungkiri bahwa membutuhkan vitamin untuk membantu kenirja tubuh. Vitamin biasa didapat dari berbagai jenis buahan termasuk buah naga. Di balik rupanya yang unik, nyatanya buah ini menyimpan segudang vitamin yang berguna untuk tubuh anda. Dikutip dari manfaat.co.id, setiap 100 gram buah naga dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin C harian penggunanya, padahal satu buah naga biasanya memiliki berat sekitar 400 gram atau sekitar 0,4 kg. antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menguatkan sistem kekebalan. Semakin kebal tubuh, maka semakin kebal pula tubuh dari infeksi virus dan bakteri yang menimbulkan penyakit. Tak hanya itu, dikutip dari Women’s Health Study menyatakan bahwa wanita yang melakukan diet kaya antioksidan akan menekan efek buruk yang datang dari radikal bebas. Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan nyatanya menurunkan resiko penyakit serangan jantung dan kardiovaskular.

  • Likopen dan Betasianin

Dikutip dari tribunnews.com, dibandingkan dengan yang berdaging putih, buah naga merah memiliki kandungan pigmen yang lebih kuat. Kandungan pigmen pada buah naga merah sendiri adalah sebagai antioksidan. Anti oksidan ini nantinya berfungsi untuk mencegah radikal bebas dan memperbaiki sel rusak dalam tubuh. Kandungan antioksidan sendiri datang daris senyawa likopen dan betasianin di dalamnya. Hampir serupa dengan manfaat likopen untuk tubuh, betasianin sendiri merupakan pigmen yang larut dalam air. Betasianin dan likopen sama sama memiliki peran untuk membentengi tubuh dari berbagai penyakit dan penetral radikal bebas.  Anda bisa memulai untuk mengkonsumsi buah naga sebagai tindakan pencegahan  dari penyakit kanker dengan rutin.

  • Zat Besi

Dikutip dari jurnal women’s health, di dalam buah naga terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,65 miligram per 100 gramnya. Zat besi di dalam buah naga itu biasa digunakan untuk pembentukan sel darah merayang nantinya akan mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Dr.Agus Rahmat seorang ahli gizi menyebutkan bahwa penderita anemia disarankan untuk mengkonsusmsi buahan bauah penambah darah seperti buah naga. Tercatat, buah naga merupakan salah satu buah yang  baik utnuk menambah darah karena mengandung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, B1, B3, B12 dan banyak mineral penting lainnya. Dia juga menjelaskan untuk mengkonsumsi buah naga berdaging merah karena lebih banyak mengandung nutrisi untuk pembentuk sel darah merah daripada buah naga berwarna putih.

  • Kalori

Tubuh membutuhkan kalori untuk menunjang aktifitas sehari hari. Dikutip dari fatsecret, satu porsi buah naga (baik merah ataupun putih) setidaknya mengandung 10 kalori. Selain rendah kalori, buah naga juga mengandung serat sebesar 0,9 serat, 0,09 grm protein dan 0,6 gram lemak. Melihat fakta yang ada, mengkonsumsi buah naga sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes. Dikutip dari fatsecret, bahwa kandungan seratdalam buah naga juga mampu melancarkan pencernaan, dan juga mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak dalam buah naga juga mampu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 dan 2 yang paling sering terjadi.

  • Mengatasi diabetes

Meskipun buah naga tergolong buahan yang mengandung gula, namun karena kadar serat dalam buah ini sangat tinggi. Dengan adanya hal ini, memungkinkan penderita diabetes untuk mengkonsumsinya. Anda tak perlu lagi takut mengkonsumsi buah naga. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitan yang dilakukan oleh Marhazlina M, seorang peneliti nutrisi dan obat-obatan dari Universitas Puta Malaysia. Beliau mengatakan bahwa banyaknya konsumsi buah naga berpengaruh pula pada kadar gula darah dan kolesterol pasien. Kala itu, dokter Marhazlina M mengumpulkan relawan dengan rentang usia 40-55 tahun. Mereka dibagi ke dalam 4 kelompok dan diperiksa darahnya secara berkala tiap kali usai mengkonsumsi buah naga. Hasilnya, pada kelompok yang diberi asupan buah naga sebesar 600 g per hari menunjukan penurunan kadar gula darah yang drastis.

Fenomena ini menyimpulkan bahwa menskipun mengandung gula nyatanya, kandungan lemak, kalori dan vitamin vitamin penunjang mampu menekan laju gula darah pasien. Hal ini juga membuktikan bahwa, diabetes tak melulu soal gula, ada beberapa hal yang mempengaruhi naik turunnya indeks gula dalam darah.


Manfaat buah Naga

Sejatinya buah naga tak hanya terkenal dengan kelezatannya saat dikonsumsi. Banyak yang  meyebutkan buah naga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh penggunanya. Berikut adalah beberapa Manfaat buah naga yang dirangkum dari berbagai sumber.

  • Mencegah Radikal Bebas

Seorang ahli pengobatan cina bernama Prof. Dr. Muhammad Yusuf menyatakan bahwa Buah naga kaya akan nutrisi dan vitamin. Vitamin C merupakan sumber utama antioskidan dari buah naga. Ada vitamin C dalam buah naga nyatanya mampu mencegah kerusakan sel/DNA yang dipicu oleh radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan salah satu asal mula terjadinya kanker. Secara singkat radikal bebas adalah senyawa kimiawi yang datang dari polutan, paparan sinar UV hingga proses konversi makanan menjadi energi. Senyawa ini akan mengambil elektron dari zat yang paling dekat. Pengambilan ini berakibat pada kerusakan struktur fungsi sel. Di sinilah antioksidan dibutukan oleh tubuh. Tubuh membutuhkan sel sel yang lebih kuat untuk menyuplai elektron pada radikal bebas. Penyuplaian elektron ini akan berakibat pada pencegahan oksidan merusak sktrukstur sel.

  • Mencegah Anemia

Selanjutnya adalah mencegah anemia. Anemia sendiri adalah keadaan dimana darah kekurangan hemoglobin. Kadar hemoglobin normal pada lelaki baisanya sekitar 13,5-18 gram/dl sedangkan untuk wanita sebesar 12-16 gram/dl. Dikutip dari malangvoice, saat menderita anemia, seorang akan mengalami sakit kepala, badan mudah lelah, hingga jantung bedebar debar. Bagi ibu yang mengalami anemia selama hamil, disarankan untuk mengkonsumsi buah naga. Anemia sering menimpa ibu hamil dikarenakan selama mengandung, sel darah merah milik ibu akan terbagi menjadi dua yaitu untuk ibu hamil itu sendiri dan untuk janin. Tentunya keadaan anemia pada ibu jangan disepelakan. Dijelaskan bahwa janin yang terkena anemia rentan mengalami kelainan darah, kecerdasan berkurang dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan zat besi yang juga digunakan untuk memasok nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh janin.

Hal ini tentunya kabar baik bagi anda penderita diabetes. Kini anda tak perlu lagi ragu untuk mengkonsumsi buah naga. Manfaat buah  yang satu ini, selain menurunkan kadar gula dalam darah juga mampu membunuh sel jahat dihasilkan dari pla hidup yang tidak sehat.

Setelah membaca artikel ini, apakah anda masih ragu untuk mengkonsumsi buah naga secara rutin? Jadi, tunggu apalagi, selain manis dan nikmat, nyatanya buah naga menyimpan sejuta manfaat yang sangat baik untuk tubuh dan kesehatan anda.