Mangifera indica atau lebih dikenal dengan nama lain Mangga merupakan salah satu jenis buah musiman yang biasa panen pada akhir Maret hingga awal September. Buah Mangga sejatinya adalah buah tropis yang terkenal hampir di seluruh dunia karena kelezatan buahnya. Buah Mangga merupakan buah yang yang terbilang unik. Kebanyakan penggemar mengatakan bahwa buah mangga adalah paduan apik antara eksotis buah peach dan nanas. Jika dinikmati, maka rasa manis dan asam akan tercampur sempurna dalam sekali gigitna. Buah Mangga banyak dikonsumsi baik dalam bentuk matang maupun mentah. Namun kebanyakan orang menyukai konsumsi saat matang karena perpaduan apik antara asam dan manis di dalamnya.

Asal Usul Buah Mangga

Buah Mangga diyakini berasal dari India, tepatnya daerah sub-Himalaya dan kini tersebar ke seluruh dunia. Menurut catatan sejarah, buah mangga pertama kali ditemukan oleh Alexander Agung di lembah Indus, India. Sedangkan orang pertama yang menulis catatan tentang mangga di India adalah Huien T’Sang pada tahun 632-645 SM.

Tepatnya pada tahun 1741, seorang ahli botani bernama Rumphius, menyimpulkan bahwa penanaman tanaman mangga telah terjadi lebih dari 4000 hingga 6000 tahun silam di tanah India. Buah mangga sendiri merupakan jenis buah favorit, tercatat banyak petani diperkirakan menanam buah tersebut di daerah sungai Indus hingga perbatasan Birma. Oleh karena penemuan tersebut, Rumphius berpendapat bahwa mangga berasal dari daerah perbatasan India-Birma. Kata Mangga sendiri berasal dari bahasa Tamil, India, yaitu mangas atau man-kay. Dalam bahasa botani, mangga dinamai Mangifera Indica L, yang berarti tanaman mangga dari India.

Kandungan Gizi Buah Mangga

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang berbagai manfaat dari buah mangga, alangkah baiknya untuk mengupas berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam satu porsi buah mangga. Kandungan nutrisi ini nantinya akan sangat berguna untuk pencegahan berbagai penyakit ringan hingga kronis seperti kanker dan jantung. Berikut adalah beberapa jenis nutrisi dan nilai gizi yang anda dapatkan saat menikmati seporsi buah mangga. Disimak baik baik yah pembaca.

  • Fenolik

Selain memiliki kandungan mampu memenuhi 25 % kebutuhan vitamin C harian, nyatanya buah mangga memilik senyawa fenolik.  Senyawa fenolik sendiri adalah semacam senyawa kimia yang biasa ada pada tumbuhan. Kemampuannya sebagai senyawa biologis aktif memberikan satu peranan yang sangat besar untuk kepetingan manusia. Selain sebagai senyawa pemberi aroma yang memikat, senyawa fenolik yang terdapat dalam buah buahan  seperti mangga berperan sebagai anti oksidan dalam tubuh.

  • Enzim

Manfaatlainnya adalah kandungan enzim di dalamnya. Enzim nyatanya mempunyai peran penting dalam penguraian lemak serta protein pada makanan yang anda makan. Tak hanya itu, dengan adanya serat pada buah mangga akan memperlancar pencernaan saat pembuangan terjadi.

  • Vitamin

Buah Mangga juga kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 ini berperan dalam mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar homocysteine. Homosistein sendiri adalah asam amino dalam darah yang berperan besar dari rusaknya lapisan pembuluh darah. Tercatat bahwa buah mangga memiliki kandungan antara lain asam folat, vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, dan K serta berbagai mineral penting seperti zat besi, magnesium, kalsuium, tembaga, mangan dan seng. Kombinasi dari unsur vitamin dan mineral yang ada dalam buah mangga, menghasilkan pembentukan sempurna sel darah merah pada jaringan tubuh. Tak hanya itu, kombinasi ynag baik dari vitamin dan mineral tersebut di atas mampu meningkatkan penyerapan zat besi sehingga bermanfaat bagi wanita hamil dan individu yang menderita anemia.

  • Zeaxanthin

Tercatat bahwa Zat antioksidan berupa  zeaxanthin ditemukan di dalam mangga mampu menyaring sinar cahaya biru. Dikutip dari aladokter, bahwa cahaya biru dipercaya memainkan peran penting dalam kesehatan mata. disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi akan zat tersebut setidaknya 3 porsi atau lebih dalam sehari. Dengan mengkonsumsi buah mangga secara tepat,  telah terbukti mampu menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia

  • Rendah Glikemik

Kandungan glikemik yang terdapat dalam buah mangga termasuk rendah, sehingga tidak akan membahayakan penderita diabetes. Tercatat, indeks glikemik dalam buah mangga hanya sebesar 41 hingga 60 saja. Hal ini memungkinkan anda penderita diabetes untuk mengkonsumsi mangga dalam jumlah yang agak banyak. Itu karena, glikemik yang rendah tidak akan memicu kadar gula dalam darah anda naik tidak heran kalau buah mangga bisa diandalkan sebagai makanan yang mampu mengatasi diabetes terutama menurunkan kadar insulin dalam darah. Tidak hanya buah, tetapi daun mangga juga bermanfaat untuk mengatur kadar insulin dalam darah.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa yang sangat menyenangkan, buah mangga nyatanya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan loh. Seperti dikutip dari Health, bahwa satuu cangkir mangga menyediakan kandungan vitamin C sebanyak 25% dari asupan harian yang direkomendasikan. Tak hanya itu, menurut penilitan, dua pertiga dari makanan harian untuk vitamin A, B6, E pektin, fosfor, kalium, dan magnesium ada dalam buah mangga. Tak hanya itu, Mangga nyatanya juga kaya akan Pythochemicals. Sebut saja astragalin, betakaroten, dan quercetin, yang membantu perlindungan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Berikut adalah beberapa manfaat buah mangga yang mungkin belum anda ketahui.

  • Mencegah Kanker

Asam fenolat dalam mangga juga sangat berguna untuk mengendalikan peadangan meningkatkan sistem kekebalan dan meningkatkan sirkulasi darah. Sebut saja quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, dan methylgallat, telah terbukti memiliki manfaat sebagai anti-oksidan dan sifat anti-kanker, ada dalam buah Mangga. Buah Mangga juga tinggi akan pektin. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan pektin memiliki efek perlindungan terhadap kanker pada saluran pencernaan. Beberapa senyawa lain dalam buah ini seperti asam galat dan fisetin juga memiliki khasiat yang sama dalam pencegahan penyakit kanker. Adanya kedua kandungan tersebut akan melindungi organ tubuh Anda yang berpotensi mengidap penyakit kanker, seperti payudara dan usus besar.

  • Mencegah penyakit jantung

Selain berguna mencegah penyakit kanker ataupun kanker, buah mangga juga mampu mencegah penyakit jantung. Dikutip dari khasiad.com bahwa buah mangga merupakan sumber asupan vitamiin A, vitamin E, dan Selenium yang baik. Kombinasi dari vitamin diatas nyatanya sangat baik untuk melindungi jantung anda dari serangan jantung. selain memiliki vitamin yang membantu kesehatan jantung, buah mangga juga memiliki zat kalium. Saat kalium naik bersamaan diikuti dengan turunnya asupan natrium dan perubahan dari pola makan, mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

  • Menjaga pencernaan

Enzim yang terdapat dalam buah mangga tak hanya memperlancar pencernaan saja. Dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin dapat membantu memecah protein dan mempercepat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Dengan terserapnya nutrisi yang baik, maka akan meningkatkan sistem pencernaan anda.  Selain enzim, buah mangga memiliki senyawa bioaktif seprti ester, terpenes, dan aldehil berkontribusi untuk meningkatkan nafsuu makan dan sistem fungsi pencernaan.

  • Mengobati Anemia

Secara umum anemia adalah keadaan dimana tubuh kekurangan hemoglobin. Dalam keadaan normal, heomglobin dalam darah adallah 13,5-18 gram/dl untuk lelaki dan 12-16 gram/dl untuk perempuan. Biasanya peenderita akan sering mengalami sakit kepala, mudah lelah, rambut mudah rontok hingga kekebalan tubuh menurun. Untuk mengobati anemia sebenarnya tak sulit. Anda bisa mengkonsumsi berbagai obat ataupun dengancara alami yaitu mengkonsumsi buah, salah satunya buah mangga. Pada dasarnya buah buahan merupakan sumber utama dari vitamin dan banyak mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Adanya vitamin dan mineral sangat penting untuk mengatur peoses metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja hormon dan enzim dalam tubuh, hingga berperan dalam pembentukan sel darah merah.Anda bisa memulai konsumsi mangga satu kali sehari sebagai permulaan.

  • Mencegah Degenerasi Makula

Seerti dikutip dari aladokter.com, degenerasi makula adalah penurunan penglihatan pusat  yaitu kekampunan untuk memandang lurus ke depan. Secara singkat, Makula adalah suatu area kecil pada lapisan bagian tengah dalam retina. Makula sendiri memiliki jumlah sel batang dan kerucut  terbanyak. Area inilah yang berperan dalam penglihatan manusia dikala gelap maupun terang. Belum ada penyebab pasti degenerasi makula bisa terjadi, namun salah satu upaya untuk mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi mangga.

  • Menurunkan kadar insulin dalam darah

Bagi anda penderita diabetes buah yang satu ini mungkin bisa membantu anda untuk menurukan kadar insulin dalam darah anda. dikutip dari health, bahwa penderita diabetes, konsumsi makanan mampu mempengaruhi indeks glikemik. Indeks glikemik sendiri dipengaruhi oleh kadar jumlah dan jenis karbo yang masuk ke dalam tubuh. Semakin banyak jumallah karbo yang adna konsumsi, maka semakin tinggi pula akdar gula dalam darah anda. Anda bisa merebus lima hingga enam lembar daun mangga yang sudah anda rendam pada malam sebelumnya. Setelah air rebusan mendidih, saring air rebusannya. Ramuan tradisional ini dipercaya mampu membantu dalam mengatur kadar insulin.

Jika diniali dari senyawa penting yang terdapat di dalamnya, buah mangga sangatlah baik untuk dikonsumsi secara rutin. Selain mengandung vitamin yang tinggi, buah mangga juga mampu melawan banyak jenis penyakit mematikan seperti kanker. Gangguan kesehatan yang menyerang kardiovaskular juga mampu diatasi hanya dengan mengkonsumsi olahan mangga secara rutin saja. Jadi, jangan pernah menjauhi buah manis yang satu ini mulai dari sekarang. Itu karena buah mangga membawa banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh anda.

Karena seperti yang dikatakan oleh banyak penelitian sebelumnya, bahwa kandungan senyawa dalam buah manggasangatlah bermanfaat bagi tubuh anda. Terlebih untuk tindakan pencegahan untuk beberapa penyakit seperti kanker, tumor hingga jantung. unntuk mengkonsumsi buah mangga sendiri, anda bisa membeli buahnya secara utuh di pasar ataupun dalam olahan makanan seperti jus. Semoga saja setelah membaca artikel ini bisa memberi pengetahuan baru, terlebih tentang asal muasal, kandungan gizi hingga manfaa buah mangga. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.