Manfaat dan khasiat buah markisa untuk kesehatan tubuh sangat membantu dalam menbgobati berbagai penyakit jika dikonsumsi secara rutin. Maka dari itu menarik jika kita bahas mengenai buah yang satu ini. Sebagai penikmat buah buahan, anda pasti sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Yah, markisa. Tanaman yang tergolong ke dalam genuus Passioflora ini berasa dari daerah tropis dan sub tropis di daratan Amerika. Buah yang berwarna kekuningan ini memiliki sifat dasar buah yang agak sedikit kecut dengan sedikit rasa manis pada daging buahnya. Biasanya buah ini sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca panas. Banyak orang yang mencampurkan sari buah markisa dengan segelas es batu untuk melepas dahaga kala panas melanda. Secara garis besar, buah markisa hampir serupa dengan buahan lain yaitu memiliki bentuk buah yang bulat dan biji yang diselubungi oleh daging buah. Tanaman yang biasa tumbuh secara merambat, ini tumbuh subur di daerah pegunungan yang  sejuk. Tapi, tahukah anda, bahwa buah kecil ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh? Pada kesempatan ini, kami akan mengupas tuntas tentang asal usul, kandungan gizi hingga berbagai macam manfaat tentang buah markisa yang kami rangkum dari berbagai macam sumber. Berikut beritanya.

Asal Usul Buah Markisa

Passiflora Quadrangularis L. atau lebih akrab disebut sebagai markisa ini berasal dari Amerika Latin, tepatnya Brasil. Lewat jalur perdagangan, buah markisa kemudian menyebar ke banyak daerahtropis di dunia termasuk Indonesia. Awalnya, tanaman ini hany dibudidayakan di daerah Hindia Belanda kemudian menyebar hingga Jawa Barat. Sebelum tahun 1914, buah markisa tumbuh subur di daerah Jawa Barat. Namun seorang Belanda bernama Prof. L. P. DE Bussy membawa serta tanaman ini ke daerah dataran tinggi Karo  tepatnya Pantai Timur Sumatra karena dianggap memiliki tanah lebih subur. Budidaya markisa terus berlanjut ke daerah daratan rendah daerah Medan namun tidak pernah mekar sempurna sedangkan pada daerah dataran tinggi, buah markisa bisa dipanen hampir sepanjang tahun. Itulah kenapa kinni banyak perkebunan markisa berada di daerah Sumatra Utara dan Sulawesi karena keadaan tanahnya.

Di Indonesia sendiri, buah markisa banyak ditanam di dataran tinggi daerah Goa, Malino (Sulawesi Selatan) dan Brastagi (Sumatera Utara).Ada beberapa varitas unggul markisa yang ditanam di Indonesia antara lain malino (markisa siuh dengan buah berwarna ungu) yang biasa dijadikan sirup dan kekuningan yang biasa dijadikan santapan.  Uniknya, masyarakat Medan sering mencampurkan seluruh isi buah dengan terong belanda. Biasanya campuran ini dinikmati sebagai hidangan penutup mulut.

Ciri Ciri Umum Buah Markisa

Tanaman markisa termasuk jenis tumbuhan semak atau pohon yang hidup menahun dan bersifat merambat hingga sepanjang lebih dari 20 meter. Batang tanaman markisa ini berkarakteristik tipis, bersulur, dan memiliki banyak cabang yang terkadang tumbuh tumpang tindih. Pada stadium muda, cabang pohonnya berwarna hijau dan berubah kecoklatan setelah tau. Untuk daun tanamannya sendiri, tanaman ini memiliki sifat daun yang rimbun, tumbuh bergantian baik pada batang maupun cabang. Tiap helai daun bercaping tiga dan bergerigi, berwarna hijau yang mengkilap. Biasanya, buah markisa bisa dipanen hampir sepanjang tahun dengan masa produktif selama lima hingga enam tahun. Satu pohon umumnya menghasilkan ratusan buah dengan ukuran yang befariasipula.

Kandungan Gizi Buah Markisa

Sebelum menjelaskan apa saja manfaat buah markisa untuk kesehatan anda, alangkah baiknya menelisik lebih jauh tentang kandungan gizi di dalamnya. Buah yang memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi ini, terdiri dari kandungan air 73%, dan mengandung protein, lemak, abu, serat, karbohidrat dan gula, serta beberapa mineral seperti: kalium, magnesium, natrium, dan fosfor, kalsium, zat besi, seng dan selenium.  Selain kaya akan kandungan mineral, buah markisa juga mengandung vitamin C, A B2, dan vitamin B3, beta-karoten, vitamin K dan vitamin kolin yang bermanfaat karena sifat sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Berikut adalah beberapa kandungan gizi dari buah markisa yang dirangkum dari banyak sumber.

  • Kalium

Dikutip dari Health, buah markisa memilik kandungan kalium yang sangat melimpah yaitu 208 mg. dengan mngkonsumsi satu buah markisa setiap harinya, tubuh akan dipenuhi ¼ asupan kaliumnya. Kalium dalam buah markisa sendiri berperan sebagai vasolidator. Dikutip dari blogdokter, Vasolidator sendiri merupakan senyawa yang berfungsi untuk membuka dan melebarkan pembulu darah. Senyawa yang mengandung banyak vasilodator dipengaruhi oleh jumlha kalium dalam darah. Vasilidator akan bekerja pada otot dinding pembuluh darah (arteri ataupun vena) dengan mencegah otot otot tersebut berkonstraksi hingga rongga pembuluh darah akan melebar. Tak hanya itu kandungan kalium juga mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh serta menjaga keseimbangan cairan yang terdapat pada sel sel.

  • Fosfor

Dikutip dari manfaat.co.id, satu porsi buah markisa memiliki 63, 8 mg. secara garis besar, memenuhi kebutuhan fosfor sangatlah penting untuk tubuh. Fosfor memiliki manfaat penting terhadap proses perbaikan dan pemeliharaan ebrbagai macam sel dalam tubuh. Fosfor dalam buah markisa juga mampu memastikan sel sel tubuh berkembang secara tepat namun tetap aktif. Fosfor juga memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan regenerasi sel dengan batuan meniral, vitamin, energi dan protein lainnya

  • Vitamin

Layaknya jenis buahan lainnya, buah markisa juga membawa banyak vitamin di dalamnya, sebut saja Vitamin C dan A yang menjadi andalan dari buah markisa. Dikutip dari manfaat.co.id, satu porsi buah markisa mengandung 30 mg. selain kaya akan vitamin C yang baik untuk sistem imun dan regenerasi sel, buah markisa juga kaya akan vitamin A. tercatat, ada 1275 IU vitamin A yang terkandung ditiap 100 gram buah markisa. Adanya kedua vitamin itu tentunya membawa dampak baik untuk tubuh terlebih untuk sistem imun dan kesehatan mata.

  • Serat

Dikutip dari Health, mengkomsumsi satu buah markisa secara rutin mampu memenuhi 98% kebutuhan serat harian anda. kandungan serat dalam buah markisa bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.  Serat sangat dibutkan tubuh utnuk mengegerakan makanan untuk melewati usus dan dicerna dengan baik oleh lambung. Dengan mengkonsumsi banyak buah yang mengandung serat nyatanya sangat disarankan oleh banyak pakar kesehatan dunia.

Manfaat buah manggis untuk kesehatan

Tak bisa dipungkiri bahwa buah markisa sangat enak untuk dikonsumsi. namun, tak banyak tahu bahwa sebenarnya buah markisa juga memiliki banyak kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan penikmatnya. Berikut adalah beberapa Manfaat buah markisa yang  diangkum dari berbagai sumber.

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa buah markisa kaya akan kalium yang nantinya sangat baik untuk kesehatan tekanan darah anda. sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona menyatakan bahwa kandungan kalium dalam markisa mampu mempengaruhi tekanan darah seorang penderita hipertensi. Kalium mampu menjaga keseimbangan cairan elektrolit serta asam basa dalam tubuh. Di dalam sel, nantinya kalium akan berperan sebagai katalisator dalam reaksi biologos terutama saat terjadi metabolisme tinggi dan sintesis glikogen serta protein

  • Memperbaiki sel tubuh

Manfaat buah markisa selanjutnya datang dari kandungan fosfor di dalamnya. Seperti yang diberitahu sebelumnya bahwa fosfor sangat baik untuk memperbaiki sel sel tubuh yang rusak. Nantinya sel sel yang rusak tersebut akan mengalami regenerasi dengan bantuan fosfor dan kombinasi dengan protein dan senyawa lainnya.

  • Menjaga kesehatan tulang

Tak salah jika mengatakan Manfaat buah markisa tak terbatas. Selain baik untuk memperbaiki sel tubuh, kandungan zat besi, tembaga, magnesium, serta fosfor dalam seporsi buah markisa nyatanya ikut ambil peran dalam menjaga kesehatan serta kepadatan tulang anda. berbagai jenis mineral penting tersebut, mampu meningkatkan kepadatan masa tulang, memperkuat struktur tulang, seta mempercepat perbaikan bila terjadi kerusakan pada tulang. Jadi, mulailah untuk mengkonsumsi markisa juga berperan serta dalam pencegahan penyakit osteoporis ataupun peradangan sendi.

  • Menjaga kesehata mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah markisa tak hanya berperan sebagai pencegah kanker semata, tapi juga baik untuk kesehatan mata si pengkonsumsi. Jika mengkonsumsi buah markisa secara rutin, anda akan terhindar dari degenerasi makula, katarak hingga masalah kebutaan dan rabun senja. Tak hanya baik untuk kesehatan mata, vitamin A jugha berperan untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit anda. kandunagn vitamin A dalam buah markisa mampu mengurangi keriput serta menjaga kesehatan membran sel dalam kulit

  • Mengoptimalkan sistem imun

Manfaat buah markisa selanjutnya datang dari kandungan vitamin C-nya. Layaknya buahan yang  mengandung Vitamin C, buah markisa juga mengandung karoten dan crytoxanthin. Kombinasi dari ketiga zat tersebut nyatanya membawa dampak baik bagi kekebalan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah markisa secara rutin, maka sistem imun akan membentengi tubuh anda dari berbagai macam penyakit.

  • Baik untuk diet

Siapa bilang buah markisa tak bisa untuk diet. Dikutip dari hellosehat, per 100 gram buah markisa mengandung kalori yang sangat rendah yaitu 97 kalori saja. Buah markisa juga terkenal karena rendahnya sodium dan lemak. Kandungan karbo serta gula alami dalam buah ini juga tak memberi efek gemuk pada tubuh si pengkonsumsi. Melihat fakta yang ada, tak ada salahnya untuk memasukan buah markisa sebagai menu diet anda nanti.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat buah markisa tak berhenti sampai di situ saja. Buah yang kaya akan serat ini berperan penting untuk menjaga kesehatan usus anda. tak dapat dipungkiri bahwa tubuh memerlukan seratt untuk menggerakan makanan agar dicerna lebih baik oleh usus dan lambung. Selain itu memenuhi kebutuhan serat dengan mengkonsumsi buah markisa nyatanya menjauhkan anda dari resiko penyakit wasir, polip usus hingga diabetes. Mengkonsumi makanan yang banyak serat mampu mencegah penumpukan feses karena nutrisi sudah dikelola dengan baik oleh tubuh. Tak hanya itu, bantuan serat pada pergerakan usus mampu mengatur kelembutan feses hingga terjauh dari penyakit wasir. Untuk penderita diabetes melitus, mengkonsumsi serat dalam jumblah yang  cukuo mampu membuat peut kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori hingga berdampak pada kadar darah.

Setelah mengetahui banyak Manfaat buah markisa secara empiris, apakah anda masih ragu untuk memasukan buah nikmat ini ke dalam menu sehat anda? Jadi, tunggu apalagi, selain nikmat untuk dikonsumsi, buah markisa menyimpan sejuta manfaat yang sangat baik untuk kesehatan anda.