Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Secara Alami

Jerawat memang sangat mengganggu sekali untuk soal penampilan. Jerawat juga sering kali dialami oleh berbagai kalangan. Walau sifatnya tidak membahayakan, namun jerawat ini sangat mengganggu sekali. tapi itu semua bukan menjadi sumber masalah yang berat jika diantara kalian mengalaminya. Karena ada cara untuk membantu menghilangkan jerawat serta menghilangkan luka bekas jerawat. Caranya pun sangatlah mudah sekali, serta bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemui bahkan tidak mengeluarkan banyak biaya untuk membelinya.

Apa jerawat itu dan bagaimana jerawat dapat terbentuk?

Jerawat atau yang memiliki nama lain sebagai acne vulgaris iyalah masalah kulit yang terhubug dengan produksi kelenjar minyak. Pembentukan masalah kulit jenis ini  dikarenakan saat terjadinya kelenjar minyak dalam folikel kulit yang lebih aktif sehingga mengakibatkan produksi minyak dan sebum menjadi berlebih. Lalu, minyak menjadi menyumbat folikel bersama sel-sel kulit mati sehingga timbul peradangan yang berubah menjdi benjolan. Naah, benjolan itulah yang dinamakan jerawat. Kelebihan produksi sebum dapat dipicu karena adanya hormone dan bakteri. Oleh sebab itu, remaja yang mengalami masa perubahan hormon akan lebih rentan mendapatkan masalah kulit seperti jerawat.  Di bawah ini saya akan memberikan informasi cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami sebagai berikut:

Bagaimana cara mengatasi jerawat yang membandel?

Jerawat yang membandal, atau yang kerap disebut dengan jerwat batu. Memang  memiliki ukuran lebih besar dan tidak memiliki mata sehingga membuat sulit untuk di tuntaskan. Jerawat jenis ini pun, biasanya disertai dengan adanya peradangan yang menimbulkan rasa sakit. Oleh maka dari itu, anda harus berhati-hati agar tidak menyentuhnya dengan sembarang. Iritasi yang di timbulkan oleh jerawat ini iyalah, akan timbul menyebar ke bagian kulit wajah lainnya. Lantas di bawah ini ada beberapa caranya antara lain:

Menggunakan batu es

  • Batu es, yang kerap kali digunakan untuk dicampurkan keaneka minuman dan makanan. Ia pun memiliki fungsi lain yaitu untuk membunuh jerawat. Batu es ini baik untuk membantu mengurangi bengkaknya pembuluh darah dan jerawat.
  • Selain menggunakannya dengan cukup mudah, hanya dengan mengkompresnya dengan dilapisi kain atau secara langsung ke kulit. Batu es ini baik untuk mengembalikan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Pandai dalam merawat kulit

  • Dalam memilih produk ekcantikan, kalin opun harus pandai dalam memilihnya untuk merawat kulit. Bukan hanya baik dalam menghilangkan jerawat, melainkan pandai dalam memilih produk kecantikan juga baik untuk pencegahan timbulnya jerwat.  Meggunakan make-up serta pelembab yang terlalu berlebihan akan menyumbat minyak dan kotoran dalam pori. Oleh maka dari itu, pastikan make-up untuk selalu di bersihkan dengan teratur.
  • Jika anda mengenakan jilbab, pastikan juga untuk menjaga soal kebersihannya. Karena, jerawat akan mudah muncul di bagian garis jilbab.
  • Untuk itu juga, jangan pernah lewatkan untuk menggunakan tabir surya jika berada di luar ruangan. Hal ini baik untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari sekaligus mencegah timbulnya jerwat.

Mulailah ubah gaya hidup sehat

  • Mengubah pola hidup sehat, tentu tidak ada salahnya. Karena selain baik untuk tubuh, pola hidup sehat juga baik untuk mengatasi hilangnya jerawat.
  • Perlu anda ingat, pola hidup sehat sangat penting untuk dilakukan. Bermulai dari tidur yang cukup, rutin berolahraga, hindari stress dan menjaga pola makan.
  • Stress juga dapat memicu tubuh untuk memporduksi lebih banyak hormon dan menimbulkan jerawat lebih parah. Untuk itu, ada baiknya jika anda membatasi diri untuk mengurangi asupan gula dalam setiap harinya.

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat secara alami

Sama seperti ingin mendapatkan tubuh ideal, cara mengatsai jerawat ini sangat banyak di cari oleh para kaum wanita. Untuk dapatkan kulit wajah yang bersih dan berseri memang tidaklah mudah. Karena, terdapat beberapa langkah yang harus di lalui hingga sampai hasil terbaik. Maka tidak heran jika banyak orang yang memilih cara cepat dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak alami. Namun, dudah tahukah anda cara alami inilah yang memiliki keunggulan dibandingkan produk pabrik? Berikut cara menghilangkan jerwat dan bekasnya secara alami yang dapat dilakukan dirumah:

Madu

  • Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya mengguakan madu, memang sudah tidak asing lagi. bahkan sudah banyak juga yang merekomendasikan madu sebagai bahan paling berkhasiat untuk menghilangkan jerwat beserta bekasnya. Manfaat madu baik untuk kecantikan, memang sudah dikenal dari sejak lama. Bahkan madu juga tergolong sebagai salah satu rahasia kecantikan dari jaman dahulu.
  • Cairan manis yang dihasilkan oleh lebah ini, biasanya dicampur dengan susu untuk melembabkan kulit. Madu bermanfaat karena adanya kandungan senyawa anti inflamasi dan anti bakteri.
  • Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya menggunakan madu yakni:
  1. Ambil madu dengan kapas oleskan pada wajah yang telah dibersihkan.
  2. Siamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  3. Ulangi melakukan perawatan ini sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu.

Timun

  • Timun yang sering kali kita gunakan sebagai lalapan atau es, namun ia memiliki manfaat yang baik untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Sayur jenis mentimun ini mengandung silika yang baik untuk mengembalikan keseharan kulit wajah. Kandungan air yang terdapat di dalam sayur ini juga sangat tinggi kadarnya. Sehingga memberikan efek segar dan juga baik untuk pencegah peradangan.
  • Selain itu mentimun juga memiliki sifat astringent yang baik untuk menghilangkan jerawat dan luka bekas jerawat. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya menggunakan timun:
  1. Potong tipis-tipis timun yang sudah dikupas.
  2. Letakan potongan timun pada kulit wajah dan biarkan selama 20 menit.
  3. Bilas wajah anda dengan air hangat.
  4. Atau bisa juga jadikan timun sebagai masker dengan cara menghaluskannya lalu simpan dalam pendingin agar efek dari kesegarannya semakin meningkat.

Kunyit

  • Kunyit iyalah bumbu rempah masakan yang banyak digunakan berbagai resep masakan. Memang belum banyak yang mengetahui bahwa kunyit, selain dapat dijadikan resep masakan kunyit juga baik digunakan untuk mengatasi kulit wajah berjerawat serta menghilangkan luka bekas jerawat secara alami dan cepat.
  • Kandungan senyawa yang terdapat pada kunyit seperti, anti bakteri yang baik untuk menekan P acnes hingga 50- 9% . Kunyit juga memiliki senyawa lain yaitu, chemoprecentative yang baik untuk membantu meregenerasi kulit dari penyembuhan luka.
  • Selain itu, kunyit juga bisa dipadukan dengan campuran lain yaitu, susu, madu dan lemon dan lain sebagainya.
  • cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan kunyit:
  1. siapkan 1/ sdt bubuk kunyit dengan 2sdm madu murni dan campurkan.
  2. Aduk sampai rata dan mengental, lalu oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 20-30 menit sampai mengering.
  3. Jika sudah mengering rata, bilas wajah dengan air hangat kuku.

Kulit buah pisang

 

  • Bua pisang dikenal sebagai buah yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Buah pisang ini pun sering kali menjadi penolong bagi pengobatan maag, diare dan mengatasi masalah keputihan. Tidak hanya baik untuk kesehatan saja, namun bua pisang juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat baik untuk kecantikan kulit wajah.
  • Bukan hanya buahnya saja yang bergua untuk kesehatan dan kulit wajah, kulit dari buahpisang ini juga dapat di gunakan sebagai cara menghilangkan jerawatserta bekasnya.
  • Dalam kandungan kulit bua pisang ini terdapat saponin, tannin dan flavonoid yang baik sebagai anti mikroba. Senyawa ini pun, baik untuk menekan pertumbuhan bakteri yang mengakibatkan timbulnya jerawat semakin banyak.
  • Vitamin A, C , E, B6, B12 dan B3 berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menurunkan peradangan. Sedangkan B kompleks yang ada didalamnya dapat membantu mencegah hiperpigmentasi.
  • Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan kulit pisang:
  1. Usahakan menggunakan pisang yang sudah matang, namun bukan juga pisang yang terlalu matang atau setengah matang.
  2. Ambil daging buah dan pisahkan dengan kulitnya, kemudian potong kulit tersebut hingga menjadi beberapa bagian.
  3. Lakukan pemijatan pada wajah menggunakan kulit pisang selama 10- 15 menit.
  4. Jika kulit pisang sudah berubah warna menjadi tidak putih lagi, maka segera gantilah kulit pisang tersebut dengan kulit yang lain.
  5. Usai melakukan pemijatan, maka biarkan sesaat sebelum di bilas dengan air bersih.

Buah pepaya

  • Buah pepaya bukan hanya enak untuk di santap saja, namun kandungan yang terdapat dalam buah pepaya ini memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Buah tropis ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat. Di dalam buah pepaya ini terdapat kandungan enzim papain yang baik untuk mengurangi peradangan.
  • Enzim ini pun baik untuk membantu mempercepat mengelupasnya sel-sel kulit mati. Selain itu juga, terdapat kandungan likopen yang baik untuk memutihkan kulit wajah.
  • Buah pepaya yang masih muda memiliki lebih banyak papain sebenarnya. Namun, akan tetapi ia juga memiliki kandungan getah yang bisa memicu terjadinya iritasi. Jadi apabila anda memiliki jenis kulit sensitive, ada baiknya anda pilih buah pepaya yang sudah matang.
  1. Haluskan buah pepaya yang sudah matang dan dikupas bersih hingga menjadi bubur.
  2. Siapkan 1 sdm madu sebagai pengental masker.
  3. Campurkan kedua bahan tadi hingga menjadi satu, oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Bekas jerawat memang sulit sekali untuk dihilangkan dalam waktu cepat. Pada umunya memang membutuhkan waktu cukup lama untuk benar-benar hilang. Namun, dengan menggunakan salah satu cara di atas, anda pun akan memperoleh hasil maksimalnya. Memang terdapat beberapa cara lain, selain cara alami untuk dapatkan kulit wajah yang putih bersih dari masalah jerawat yaitu caranya antara lain:

Menggunakan cara medis seperti laser

  • Cara satu ini dapat di lakukan untuk mendapatkan kulit bersih bebas dari jerawat. Sehingga menyebabkan lapisan kulit yang penuh dengan bekas jerawat akan dibasmi oleh adanya bantuan sinar leser yang berkekuatan tinggi.
  • Menggunakan cara medis seperti laser, memang memiliki waktu untuk penyembuhan lebih cepat yakni 3-9 hari. Tapi, apabila anda memiliki jerawat yang masih akti seperti baru tumbuh yang berwarna kemerahan. Maka cara ini sebaiknya urungkan saja, karena ini bukanlah cara yang disarankan oleh dokter.

Menggunakan prosedur dermabrasi

  • Cara ini memang kerap di anjurkan bagi anda yang memiliki masalah jerawat membandel. Proses dermabrasi ini dilakukan untuk mengikis atau yang sering disebut dengan mengabrasi  lapisan atas kulit menggunakan alat medis yang telah di khususkan. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bekas luka oprasi, bekas luka kecil hingga bekas jerawat kulit wajah.
  • Proses pemulihan kulit wajah yang telah melakukan prosedur dermabrasi, biasanya membutuhkan waktu kurang dari 1- 2 minggu untuk kulit pulih kembali. Setelah melewati masa itu, maka kulit anda akan terasa lebih halus dan lembut serta segar pasca penyembuhan berjalan sempurna.

Melakukan peeling

  • Dalam perawatan jenis satu ini bertujuan agar pengelupasan sel-sel kulit mati pada wajah yang menutupi bagian kulit yang sehat. Hal ini dilakukan bertujuan dengan mengaplikasikan larutan kimia bersifat asam pada wajah yang memiliki bekas jerawat. Sehingga efek yang di timbulkan dari perawatan jenis ini iyalah pengelupasan kulit lama dan tergantinya kulit yang telah rusak menjadi tumbuh kulit baru yang lebih sehat dan halus tanpa kerutan.

Menggunakan krim wajah

  • Krim wajah memang berguna sekali untuk menyamarkan noda hitam pada kulit wajah. bahkan tidak sedikit dari sebagian orang memiliki krim wajah sebagai cara terampuh menghilangkan bekas jerawat. Disini anda bisa menggunakan krim yang mengandung kombinasi salicylic acid, tropical tretinoin dan tropical hydroquinone sebagai pencerah bekas jerawat yang tampak gelap.

Manakah yang lebih bagus dari masker alami dan metode medis serta krim wajah?

Bukan hanya jerawat saja yang punya tipeberagam, namun bekas jerawat juga memiliki tipe yang berbeda-beda tipe bekasnya. Ada yang bekasnya hanya berwarna gelap, bekas bergelombang hingga bekas jerawat yang membentuk lubang. Sehingga anda pun dapat memilih jenis pengobatan yang sesuai dengan jenis bekas jerawat yang anda miliki. Namun, tidak satupun pengobatan yang cocok bagi semua jenis kulit masing-masing orang dibagian dunia ini. sehingga terdapat berbagai metode yang dapat membantu untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat seperti cara medis, namun terdapat cara yang aman dan sehat untuk kulit seperti cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami dan juga menggunakan krim wajah yang bertujuan agar lebih cepat pengobatan bekas luka yang di hasilkan oleh jerawat.

Tips:

  • Peru anda ketahui bahwa langkah terbaik dalam menangani suatu masalah yang di timbulkan oleh jerawat iyalah, tangani dari sedini mungkin. Tangani jerawat dari sejak pertama tumbuh dan pahami bekas jerawat iyalah salah satu cara yang dapat membantu anda untuk menggunakan cara mana yang akan diterapkan nantinya.
  • Dan pastikan juga apapu cara yang anda gunakan, baik dari krim wajah maupun masker alami telah sesuai dengan yang di sarankan dan tidak melebihi waktu penggunaannya.
  • Anda juga bisa melakukan konsultasi ke dokter mengenai masalah kulit wajah seperti jerawat dan luka bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

Naah itu saja informasi yang dapat saya bagikan, dikesempatan kali ini. Semoga ulasan yang saya bagikan di atas dapat bermanfaat untuk anda semua. Semoga jerawat dan luka jerawat yang anda miliki segera hilang dan dapatkan kulit wajah cantik dan sehat. Selamat mencoba Cara-cara di atas, semoga berhasil yaa.

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*