Mulut yang bau tentu menjadi sebuah masalah yang paling penting harus di tuntaskan, karena apa bila tidak secepat mungkin di tuntaskan maka akan menjadi sumber masalah yang baruseperti tidak percaya diri atau hal lainnya. Mengatasi masalah bau mulut memang tidak begitu sulit untuk di lakukan, karena sangat banyak cara untuk mengatasinya. Berikut ulasan mengenai cara menghilangkan bau mulut yang benar.

Mengapa Bau Mulut Sering Terjadi?

Terjadinya bau mulut biasanya dipicu karena adanya masalah bagian mulut seperti sariawan atau gigi berlubang. Jangan salah menanggapi juga niih jika kalian punya gigi berlubang yang tidak cepat di atasi. Gigi yang berlubang jika tidak cepat di atasi maka akan menimbulkan kerusakan gigi lainnya yang di sebabkan oleh bakteri. Jadi apa bila punya gigi berlubang maka segerakanlah lakukan tindakan seperti perawatan gigi kedokter atau bisa juga melakukan degan cara alami. Apa saja siih penyebab gigi berlubang dan bau mulut? Yuuk langsung saja kita simak ulasan di bawah ini mengenai masalah gigi dan bau mulut mulai dari penyebab dan cara mengatasinya.

Beberapa Faktor Penyebab Bau Mulut

Adanya penyakit tubuh bagian dalam atau kelainan

  • Orang yang sedang sakit cenderung lebih bau mulutnya dibandingkan orang normal. Hal ini disebakan karena tidak adnaya keseimbangan metabolisme tubuh dan menurunnya daya taha tubuh wajar saja jika kondisi ini terjadi.

Kelebihan gas pada bagian dalam lambung

  • Produksi asam lambung yang berlebih yang juga dapat naik sampai ketenggorokan sehingga menimbulakn sendawa hingga mengeluarkan bau tak sedap. Untuk menhindari naiknya jumlah gas pada asam lambung sebaiknya terapkan pola makan hingga pola hidup seperti jangan tidur setelah makan ata kalian juga bisa menghindari konsumsi makanan pedas dan berlemak.

Sariawan atau gigi berlubang

  • Gigi yang berlubang iyalah tempat tinggal paling nyaman bagi kuman dan bekteri sehingga bakteri dan kuman menjadi berkembang biak hingga menimbulkan sariawan dan bau mulut yang diakibatkan hal tersebut. Maka dari itu tidak heran sekali jika berjumpa dengan orang yang sedang sariawan memiliki gigi berlubang mulut mereka mengeluarkan bau tidak sedap.

Rokok dan alkohol

  • Asap roko dan bau alkohol yang tertinggal di dalam mulut dapat menimbulkan baut tidak sedap saat bernafas.

bau mulut tak sedap

Cara Alami Atasi Bau Mulut

Setelah kita ketahu apa saja penyebab bau tidak sedap pada mulut, kini saatnya kta bahas soal mengenai caranya untuk mengatasi masalah bau mulut yang di alami oleh anda sebagai berikut ini.

Menjaga kebersihan mulut

  • Menjaga kebersihan mulut hanya dengan mengkumur dengan obat kumur atau dengan menggosok gigi secara rutin dan benar. Namun apa bila jika anda ingin mendapatkan obat kumur alami maka kalian juga dapat membuat racikan obat kumur alami dengan merebus daun siri sebagai pbat kumur atau bisa juga dengan air perasan jeruk nipis.

Rempah rempah

  • Pada umumnya rempah hanya digunakan untuk memasak saja, namun kembali ke masyarakat tradisioan rempah seperti adas, kayu manis, daun sirih dan cengkeh dipercayai oleh mereka sebagai obat anti bau mulut yang sangat ampuh sekali.

Konsumsi makanan berserat dan air putih

  • Makan sayur dan buah yang memiliki kandungan serat berlimpah dapat berfungsi sebagai pembantu menetralkan metabolisme di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah bau mulut dan masalah kesehatan lainnya.

Hindari makanan yang berbau tajam

  • Makanan yang baunya menyengat iyalah makanan yang memicu terjadinya bau mulut. Makanan yang memiliki bau menyengat iyalah bawang putih, petai, terasi, jengkol dan lain sebagainya.

Tips Menjaga Kesehatan Mulut

Mulut iyalah bagian pencernaan pertama masuknya makanan ke dalam tubuh manusia. Namun dengan fungsinya utama sebagai alat pencernaan, sheingga mulut sering diserang oleh bakteri dan menjaidkan mulut terserang masalah. Selain itu juga malas menjaga kebersihan mulut pun akan memicu terjadinya bau mulut berikut ulasan mengenai tips menjaga kesehatan mulut.

Melakukan flossing

  • Flossing iyalah cara yang dapat membantu membersikan sisa sisa makananyang terseip dibagian gigi dan gusi. Flossing pun akan mencegah terjadinya abses gusi dan radag gusi serta kerak gigi pun dapat di cegah dengan melakukan flossing.

Rajin membersihkan gigi

  • Untuk menjaga kesehatan gigi maka kitapun harus rajin dalam membersihkannya. Dengan rutin menggosok gigi setelah makan atau 3 kali dalam sehari untuk mencegah terjadinya timbulbakteri dan penyakit. And apun bisa melakukan kumur dengan obat kumur lami atau bisa juga dengn benang gigi jika ingin lebih berih sela sela bagian rongga gigi dan gusi.

Hindari konsumsi teh kopi dan alkohol

  • Mengkonsumsi teh atau kopi memang tidaklah masalah jika dikonsumsinya tidak terlau sering. Akan tetapi jika sering mengkonsumsi keduanya dapat menyebabkan plak pada gigi sehingga menimbulkan kerak pada gigi. Plak dan kerak pada gigi iylah sumber masalah yang dapat mengakibatkan radang gusi serta mengakibatkan gigi keropos. Jika untuk alkohol lebih baik jangan sama sekali mengkonsumsi alkohol, karena alkohol dapat menyebabkan bau mulut dan mulut kering.

Asupan Makanan yang Sehatkan Gusi dan Gigi

makanan untuk menghilangkan bau mulut

Untuk menjaga kesehatan gusi dan mlut maka anda juga harus memperatikan soal makanan yang di konsumsi. Jika ingin gusi dan mulut tetap sehat terjaga maka anda pun wajib konsumsi makanan seperti berikut.

  • Brokoli: kandungan nutrisi pada brokoli iyalah sanat penting untuk untuk memperkuat enamel gigi dengan cara memberikan lapisan anti asam
  • Strawberry: kandungan malic acid yang berguna untuk menghilangkan noda pada gigi.
  • Jamur shitake: lentinan pada jamur ini baik dalam pencegahan perkembang biakan bakteri d dalam mulut sehingga dapat mencegah gigi dari plak.
  • Apel: zat asam pada buah apel dapat membersihkan dan membuat gigi tampak lebih putih
  • Biji wijen: kalsium yang terdapat pada biji wijin berguna untuk menguatkan tulang gigi dan menyehatkan gusi
  • Keju: tiggi kalsium dan rendah akan karbohidrat serta fosfor yang iak untuk bagi kesehatan gigi, keju juga berperan menjaga keseimbangan pH dalam mulut.
  • Kiwi: vitamin C pada buah kiwi dapat berguna mencegah kerusakan kolagen gusi sehingga menjadi lebih sehat
  • Jeruk dan nanas: kandungan asam pada keduanya dapat meningkatkan produksi air liur, mencegah berkembangnya bakeri jahat dan dapat menghilangkan tartar yang mengakibatan plak gigi.
  • Wortel dan sledri: kandungan pada keduanya dapdat memicu air liur yang dapat membersihkan mulut dan gigi

Itulah ulasan mengenai cara mengatasi bau mulut yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Mengatur asupan nutrisi, mengatur pola hidup sehat dan rajin menjaga kesehatan mulut iyalah kunci utama dapatkan segalanya. Selamat mencoba semoga berhaisl tips dan cara di atas.