Cara Mengecilkan Perut Buncit Alami Berdasarkan Jenisnya

Perut buncit bisa mengakibatkan rasa percaya diri seseorang berkurang ketika tampil didepan umum. Namun, berdasarkan keterangan dari para ahli kesehatan, bahaya dari perut buncit berlebihan adalah beresiko timbulnya berbagai macam penyakit yang efeknya lebih mengerikan daripada ketemu mantan dalam kondisi perut yang gendut :D. Jenis penyakit yang erat kaitannya dengan perut buncit atau obesitas adalah penyakit kardiovaskular, diabetes, dan dislipidemia.

Pada umumnya perut buncit terjadi akibat gaya hidup kurang sehat serta terlalu sering mengkonsumsi makanan yang kurang sehat pula sehingga lemak diperut terus menumpuk dan berefek pada perut yang terlihat tidak ideal sesuai postur tubuh yang dimiliki. Jika sebelumnya Anda memiliki perut ramping dan sekarang terlihat tidak biasa, seharusnya hal ini patut Anda perhitungkan karena bukan masalah enak dan tidak enaknya dipandang akan tetapi jika diabaikan bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Jika Anda searching di google dengan mengetikan kata kunci “cara mengecilkan perut buncit dengan cepat alami” Anda akan menemukan banyak artikel yang mebahas topik ini. Namum sebelum Anda mencoba melakukan cara-cara yang sudah Anda ketahui atau memutuskan untuk menkonsumsi obat pelangsing, sebaiknya kenali dulu tipe perut yang Anda miliki itu seperti apa, karena faktanya perut buncit ternyata memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Sebagai contoh: Ada yang menonjol, seperti muffin, atau bergelambir dan masing-masing memiliki penyebab dan cara merampingkannya yang berbeda pula.

Bentuk Perut Yang Semakin Buncit

Perut yang semakin buncit seiring berjalannya hari biasanya disebabkan alergi makanan atau masalah pencernaan lainnya.

Hal ini disebabkan oleh alergi makanan, pencernaan yang lamban, dan ketidakseimbangan flora dalam usus.

  1. Hindari makanan yang membuat Anda alergi atau mengalami kembung selama ini. Rata-rata makanan yang mengandung gluten, alkohol dan ragi bisa memicu kembung.
  2. Konsumsi prebiotic seperti yogurt dan minuman prebiotic. Kamu juga bisa menyantap kubis, bawang merah atau bawang putih.
  3. Jangan lewatkan sarapan. Jadikan waktu sarapan sebagai waktu makan utama.
  4. Pilihlah makanan yang banyak mengandung sayur, daging, ayam dan ikan. Kurangi konsumsi roti selama 2 minggu dan lihat apakah perutmu mengempis.
  5. Latihan pernapasan. Lakukan latihan ini tiap pagi: berbaring terlentang, relakskan tubuh Anda sepenuhnya dan tarik dan hembuskan napas dalam-dalam sebanyak 10 kali. Setelah sarapan pergilah berjalan kaki untuk olahraga ringan.

Perut Bergelembir

Perut Bergelembir

Perut buncit bergelambir memiliki ciri-ciri yang sampai membentuk lipatan dan “meluber” ke samping, tidak hanya ke depan.

Penyebabnya umum adalah pola hidup yang kurang gerak (misalnya terlalu sering duduk di kantor), konsumsi gula dan karbohidrat berlebihan, atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

  1. Perbaiki pola makan, hindari makanan sarat gula dan karbohidrat olahan seperti cookies dan roti tawar putih. Perbanyak daging rendah lemak, sayur-sayuran serta sumber lemak sehat.
  2. Luangkan waktu untuk berolahraga. Tidak harus pergi ke gym, Anda bisa menggantinya dengan jalan kaki, squat, dan push up terbalik.
  3. Mengurangi konsumsi alkohol jika Anda memang minum alkohol.

Tubuh Kurus Perut Bagian Bawah Buncit

kurus tapi buncit

Jika tubuh Anda kurus namun perut bagian bawah buncit, bisa jadi Anda harus mengubah rutinitas olahraga.

Perut buncit jenis seperti ini penyebabnya bisa bermacam-macam. Jika Anda seorang ibu, hal tersebut bisa jadi akibat baru melahirkan. Selain itu olahraga yang monoton dan berlebihan bisa jadi penyebabnya, misalnya terlalu sering sit-up atau squats saja. Pola makan yang selalu itu-itu saja juga bisa memicunya. Atau yang paling parah adanya lengkungan tidak wajar pada tulang belakang.

  1. Konsumi lemak sehat, seperti kacang-kacang, minyak sayur, dan minyak zaitun. Lemak sehat membantumu mengurangi kelelahan.
  2. Konsumsi minyak ikan
  3. Tarik masuk otot perut Anda, ini adalah olahraga yang bagus untuk otot perut tanpa terlalu membebaninya.
  4. Jangan lakukan squat dan sit-up langsung setelah melahirkan, tunggu sampai kamu telah benar-benar pulih.
  5. Cobalah lakukan olahraga Kegel
  6. Tidur siang dan lakukan peregangan sebelum tidur, hormon tidur akan memperkuat pembakaran lemak.

Perut Buncit Bundar Dan Kencang

Bentuk Bulat Kencang

Bentuk seperti ini biasanya disebabkan oleh stres

Jika lemak pada perut buncit Anda hanya terkonsentrasi di sekitar pusar dengan bentuk kencang dan tebal, biasanya ini disebabkan oleh stres. Penyebabnya adalah kadar hormon kortisol yang sangat tinggi, terlalu sering melewatkan waktu makan, minum terlalu banyak kopi, sindrom iritasi usus, dan terlalu banyak ngemil makanan yang kurang sehat.

  1. Relaksasi tubuh Anda sebelum tidur. Misalnya dengan berendam air hangat atau meditasi. Kurangi juga konsumsi kafein di malam hari.
  2. Tidur lebih cepat, jangan sering begadang. Tingkatkan kualitas tidur untuk mendukung produksi hormon leptin yang mengatur metabolisme dan nafsu makan.
  3. Tingkatkan asupan magnesium dalam makanan. Magnesium adalah mineral yang membuat tubuh relaks, banyak tergantung sayuran hijau dan kacang-kacangan.
  4. Jangan memfosir tubuh Anda saat berolahraga terutama kardio. Karena jika berlebihan dapat meningkatkan hormon kortisol.
  5. Coba lakukan yoga sebagai sarana berolahraga sekaligus mendapat ketenangan pikiran agar terhindar dari stres.

Perut Buncit Setelah Melahirkan

Untuk wanita, perut yang tetap buncit setelah melahirkan bisa jadi pertanda lemahnya otot panggul.

Setelah melahirkan perut biasanya tidak langsung kempis dengan sendirinya. Butuh waktu sekitar 6 minggu sampai kembali ke ukuran semula. Jika kamu terlalu cepat berolahraga setelah melahirkan, perut Anda juga malah bisa semakin buncit. Tunggulah 2 sampai 3 bulan setelah melahirkan sebelum mulai berolahraga lagi. Ini juga bisa disebabkan oleh otot panggul yang lemah.

  1. Relaksasi tubuh Anda sebelum tidur. Misalnya dengan berendam air hangat atau meditasi. Kurangi juga konsumsi kafein di malam hari.
  2. Tidur lebih cepat, jangan sering begadang. Tingkatkan kualitas tidur untuk mendukung produksi hormon leptin yang mengatur metabolisme dan nafsu makan.
  3. Tingkatkan asupan magnesium dalam makanan. Magnesium adalah mineral yang membuat tubuh relaks, banyak tergantung sayuran hijau dan kacang-kacangan.
  4. Jangan memfosir tubuh Anda saat berolahraga terutama kardio. Karena jika berlebihan dapat meningkatkan hormon kortisol.
  5. Coba lakukan yoga sebagai sarana berolahraga sekaligus mendapat ketenangan pikiran agar terhindar dari stres.

Artikel ini sebelumnya sudah terbit di https://health.idntimes.com/fitness/danti/kenali-5-jenis-buncit-berbeda-dan-cara-merampingkannya/

6 Jenis Olahraga Yang Bisa Membantu Untuk Mengecilkan Perut

olahraga mengecilkan perut
ilustrasi olahraga mengecilkan perut

Mengecilkan perut dengan cara olahraga memang telah terbukti. Apalagi jika dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh. Dengan latihan berkesinambungan, masalah perut buncit tidak perlu dkhawatirkan lagi. Olahraga mengecilkan perut bervariasi jenisnya. Anda dapat memilih olahraga jenis apa yang sesuai dengan kesanggupan Anda. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan gerakan yang tubuh tidak mampu untuk menanggapinya. Pilihlah olahraga yang dapat tubuh terima dengan baik. Berikut ini, adalah beberapa pilihan olahraga untuk mengecilkan perut. Mudah-mudahan salah satunya adalah hal yang Anda cari ya.

1. Berenang
Berenang adalah jenis olahraga yang banyak membakar kalori dalam tubuh. Kita dapat merasakannya sesaat setelah berenang, perut biasanya terasa lapar. Itulah tanda bahwa berenang menguras banyak energi dan dapat membakar lemak lebih banyak jika dilakukan dengan konsisten dan berkesinambungan. Selain mengecilkan perut, berenang juga dapat menarik tinggi badan, bagi mereka yang masih dalam pertumbuhan. Lakukan olahraga ini tiga kali seminggu bagi kamu yang ingin cepat mengecilkan perut yang buncit.

2. Bersepeda
Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan bagi banyak orang. Di balik menyenangkannya mengayuh sepeda di sore hari, ternyata bersepeda secara rutin dan teratur dapat membakar lemak. Penelitian menunjukkan, jika Anda bersepeda 30 menit saja Anda sudah membakar kalori sebesar 300 kalori.

3. Sit-Up
Sit-Up adalah merupakan sebuah olahraga untuk mengecilkan perut yang mudah dan bahkan dapat dilakukan di tempat tidur, seusai bangun pagi. Cukup dengan berbaring dan meletakkan kedua tangan di belakang kepala. Setelah itu, berusahalah mengangkat kepala dan rasakan kontraksi otot perut Anda.

Dengan gerakan Sit-up, Anda melatih otot perut Anda untuk bergerak. Jika Anda pertama sekali sulit mlakukan hal ini. Anda bisa meminta seseorang untuk memegangi kaki Anda. Lakukan gerakan ini secara teratur, setiap hari setelah bangun tidur. Latihan ini tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah.

4. Berjalan Cepat atau Berlari
Berjalan cepat dan berlari adalah olahraga yang murah-meriah. Tidak perlu menggunakan alat apa-apa dan tidak juga dengan gerakan yang sulit. Berjalan cepat dan berlari dapat dilakukan di pagi atau sore hari, tergantung di mana waktu luang Anda. Jika teratur melakukan hal ini, perlahan tapi pasti perut buncit akan segera menghilang.

5. Gerakan Senam Aerobik
Banyak gerakan senam yang dikhususkan memang untuk mengecilkan perut buncit. Anda tidak perlu ragu untuk bergabung dengan klub senam aerobik di kota Anda. Dengan melakukan gerakan senam, kalori yang terbakar akan sangat banyak. Apalagi jika diikuti dan dilakukan secara teratur dan mengatur pola makan yang sehat. Ada beberapa jenis senam aerobik yang patut dicoba seperti high impact aerobics, low impact aerobics, discorobic, rockrobic, dan aerobic sport. Sesuaikan senam yang Anda butuhkan dengan kemampuan tubuh Anda menerima gerakan senam tersebut. Karena beberapa gerakan dari senam tersebut, dapat saja membuat Anda pusing, mual, bahkan muntah.

6. Yoga
Yoga adalah salah satu olahraga yang sangat populer sekarang ini. Yoga dipercaya dapat membangkitkan semangat, memulihkan tenaga yang hilang dan sebagai relaksasi tubuh serta otak. Melakukan gerakan yoga juga dipercaya dapat menyeimbangkan pikiran yang kelelahan. Gerakan yoga lebih lambat dan tidak sekeras gerakan pada senam aerobik. Oleh karena itulah, gerakan yoga saat cocok bagi mereka Ibu yang baru saja melahirkan dan ingin melangsingkan perut kembali.

Beberapa gerakan yoga yang berfungsi untuk mengecilkan perut buncit adalah pavan muktasan, bhujangasan, dhanurasan dan bandha sarvangasana. Anda dapat mencari referensi lebih lengkap di internet tentang gerakan-gerakan tersebut.Pada akhirnya, banyak gerakan cara olahraga untuk mengecilkan perut yang dapat ditempuh oleh setiap orang yang ingin langsing kembali. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mencoba gerakan sulit. Yang terpenting adalah teratur dan berkesinambungan dalam berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat dan kaya serat, kunci keberhasilan dalam mengecilkan perut buncit.

Reviews

4.50

Features Rating
Rating Penulis

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*