Gigi yang sehat dan berlikau, tentu siapapun sangat ingi sekali memilikinya, akan tetapi gigi yang sehat dan berkilau itupun tidaklah mudah untuk di dapat, karena banyak faktor penyebab gigi kuning dan tidak sehat. Dengan gigi yang kuning serta tidak sehat, maka itu pun akan menjadi kurangnya kepercayaan diri seseorang. Namun, jika giginya sehat, putih dan berkilau maka akan menjadikan senyum dan penampilan seseorang lebih baik dan menarik. Berdasarkan para penelitian dari Americadental bawah jika seseorang yang giginya putih berkilau akan banyak orang yang senang melihat senyumnya berikut di bawah ini iyalah ulasan cara memutihkan gigi yang benar.

Mengapa Gigi Bisa Rusak dan Kuning?

Sebenarnya kita semua memiliki gigi yang putih berkilau dan sehat, namun karena lambat laun gigi pun mulai berubah warna menjadi tidak putih berkilau lagi itu semua pun disebabkan oleh adanya banyak faktor. Gigi yang berwarna putih secara biologi iyalah seperti warna lapisan transparan dari enamel gigi, warna lapisan dentil pada bagian dalamnya serta warna lapisan yang terdapat di antara enamel dan dentil. Para penelitian yang telah mengatakan bahwa warna gigi dapat berubah karena adanya noda yang berasal dari bagian luar maupun dari bagian dalam.

Faktor dalam ( faktor intrinsik)

  • Perubahan warna pada gigi dapat disebabkan oleh faktor yang berasal dari bagian dalam, contohnya seperti mengkonsumsi obat obatan tertentu dan mengkonsumsi lainnya.
  • Semakin lambat laun yang berjalannya waktu,gigi pun akan berubah membentuk material atau senyawa dengan lapisan enamel dan dentin, kemudian semakin lama senyawa tersebut dapat terakumulasi pada dalam gigi dan mengyebabkan gigi berubah menjadi kuning.
  • Gigi yang telah berubah menjadi kuning yang juga di akibatkan oleh faktor, akan lebih sulit untuk dihilangkan di bandingkan yang di sebabkan oleh faktor luar.

Faktor dalam ( faktor ekstrinsik)

  • Selain berasal dari faktor bagian dalam, namun faktor dari bagian luar juga dapat mengakibatkan adanya noda gigi. Noda gigi yang kekuningan atau gigi yang rusak itupun diantaranya diakibatkan terlalu sering mengkonsumsi alkohol, makanan dan rokok. Makanan yang terlalu panas ataupun yang disertai mengkonsumsi makanan panas dan dingin, itu dapat memicu terjadinya perubahan warna gigi alami. Sama halnya dengan mengkonsumsi cokelat, kopi, teh dan makanan jenis lainnya.
  • Rokok yang mengandung tembakau itu juga bisa menjadi salah satu pemicu utama penyebab gigi berubah warna. Hal itu pun tentunya dapat di atasi jika kita tidak malas untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi dengan cara menggosok gigi setelah makan dan minum yang dapat mengakibatkan perubahan warna pada gigi.

Penyebab Kerusakan Gigi

Gigi yang rusak merupakan suatu masalah yang cukup sulit untuk di hilangkan, hal ini juga bukan saja di alami pada orang dewasa melainkan anak anakpun dapat terserang kerusakan gigi. Pada umumnya kerusakan gigi hanya disebabkan oleh makanan dan minuman serta kurangnya membersihkan gigi, namun hal itu bukanlah menjadi pemicu kerusakan gigi, melainkan pemicu kerusakan gigi lainnya terdapat pada banyak hal seperti di bawah ini.

Bakteri streptococcus menular

  • Dalam beberapa penelitan menunjukan bahwa kerusakan gigi seperti berlubang dan masalah lainnya, itu bukan karea disebabkan makanan dan minuman saja, melainkan karena adanya bakteri jahat yang menyerang gigi. Bakteri jahat tersebut iyalah streptococcis mutans, bakteri yang satu ini iyalah jenis bakteri yang dapat menular melalui sentuhan, seperti perlalatan makan dan minum. Bakteri jahat itupun biasaya terdapat pada mulut orag yang memiliki gigi berlubang.

Menyikat gigi dengan cara yang salah

  • Menyikat gigi memang sebenarnya sangatlah mudah sekali di lakukan, namun kebanyakan orang tidak mengetahui cara menyikat gigi yang benar dan baik itu bagaimana? Beberapa pakar dan ahli kedoketran mengatakan bahwa menyikat gigi yang baik adalah 1-2 menit. Cara melakukannya pun bukan sesuai keinginan diri sendiri, melainkan cara mengyikat gigi yang baik dan benar iyalah dengan menggosoknya dari atas kebawah dan untuk menggosok gigi bagian bawah dari bawah ke atas, namun apa bila terasa cara tersebut sulit di lakukan, maka lakukan dengan cara dari atas kebawah asaja. Cara yang kurang baik juga didapat dari menggosok gigi dari kiri ke kanan, karena cara itu tidak dapat membersikan kotoran yang ada di sela sela gigi. Pada saat menyikat gigi usahakan juga untuk melakukannya di depan cermin sehingga dapat melihat apakah sudah bersih gigi yang disikat.

Sikat gigi yang kurang tepat

  • Sikat gigi yang di gunakan apakah sudah benar dan sesuai dengan rongga mulut? Penggunaan sikat gigi yang kurang sesuai dengan rongga mulut itu pun dapat memicu terjadinya kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Penggunaan sikat gigi yang tidak pas atau tidak sesuai dengan rongga mulut maka tidak dapat menjangkau sisa makanan pada bagian sela sela gigi. Jika memiliki sikat gigi dengan bulu sikat yang besar,sebaiknya ganti saja dengan sikat gigi yang sesuai rongga mulut, karena bulu sikat tersebut dapat mengikis lapisan gigi.

Makanan dan minuman yang bersifat asam

  • Perlu di ketahui jika kalian mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam, maka kalian juga harus berkumur setelah mengkonsumsi makanan atau minuman bersiat asam seperti soda, minuman bersoda atau minuman yang bersifat asam lainnya pada saat ingin menyikat gigi. Dengan begitu maka zat asam yang terdapat di dalam mulut akan keluar. Kandungan pada zat asam tersebut dapat mengikis gigi sehingga menjadikan gigi menjadi rapuh dan lembek. Selain berkumur dapat menghilangkan zat asam pada mulut, namun berkumur juga sangat baik sekali untuk menghilangkan bakteri dalam mulut kita.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Walau warna kuning pada gigi yang di sebabkan oleh makanan dan faktor lainnya sulit di hilangkan dan dihindari, tetapi ada cara untuk mengembalikan warna putih alami gigi. Tidak sedikit orang melakukan perawatan untuk giginya agar kembali putih dengan cepat. Namun apa bila kalian memiliki gigi kuning serta tidak cukup uang untuk melakukan perawtan, maka cara cara dibawah inilah yang tepat buat kalian lakukan.

Strawberry

  • Kandungan vitamin C dan asam elagic pada buah strawberry dipercayai dapat memutihkan gigi, bahkan efek yag di hasilkan dari uah strawberry ini hanya dengan mengunyahnya saja kita akan langsung dapatkan efeknya.

Buah apel

  • Kandungan yang terdapat pada buah apel bukan hanya dapat menguatkan gusi saja jika dikunyah secara rutin, namun mengunyah buah apel juga dapat sekaligus memutihkan gigi. Selain itu kandungan pada buah apel juga tela dibuktikan dapat meningkatkan produksi air liur yang memiliki peran penting dalam pembasmian au mulut dan kerusakan gigi.

Minyak kelapa

  • Minyak kelapa iyalah merupakan minyak nabati hasil ektrak dari bagian daging kelapa yang memiliki jenis lemak cukup unik serta kaya akan kandungan manfaat yang di dapat karena adanya lemak tersebut terbuat dari medium chain triglycerides. Kandungan itupun sangat dipercayai dapat diguakan untuk mencegah plak sekaligus menjadikan kembali putih dan bersih.

Mengkonsumsi sayuran mentah

  • Mengunyah sayuran mentah dapat membantu memutihkan gigi, contohnya seperti kandungan pada wortel dan tomat yang mengandung vitamin dan zat yang dapat menghilangkan kuning pada gigi. Kalian hanya cukup mengunyahnya selama beberapa menit saja dalam sehari sekali, walau hasilnya tidak begitu cepat, namun hal ini telah terbukti sangat ampuh sekali.

Cuka apel

  • Cuka apel iyalah sari apel yang telah difermentasikan. Para penelitan telah menyebutkan bahwa mengkonsumsi cuka apel dapat menghilangkan noda kuning pada gigi yang disebabkan oleh nikotin yang di sebabkan oleh roko serta kafein dari kopi atau teh.

Lemon dan garam

  • Lemon dan garam iyalah perpaduan yang ampuh sekali untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Garam yang memiliki kandungan eksfoliator atau pengelupas alami yang baik untuk mengikis noda pada bagian gigi kuning, ha lain pada bagian lemon memiliki kandungan asam yang dapat membantu menghilangkan noda pada lapisan enamel.

Kulit jeruk

  • Kulit jeruk, memang sebagian menganggapnya sebagai sampah, namun kandungan vitamin C pada kulit jeruk ini pun dapat berguna untuk memutihkan gigi.

Tips Cegah Gigi Kuning

Sudah kita ketahui bahwa gigi yang berwarna kuning akan sangat mengganggu sekali penampilan dan terkadang suka membuat kita tidak percaya diri. Untuk mendapatkan gigi sehat yang putih dan bersih maka kalian pun dapat melakukan hal hal seperti berikut di bawah ini.

Mengkonsumsi susu

  • Susu yang tidak mengandung pewarna dan rasa telah dipercayai dapat menjaga gigi tetap putih bersih dan berkilau. Kandungan kalsium pada gigi bukan hanya dapat membuat kita kuat namun dapat membuat gigi tetap putih. Zat warna yang terdapat pada susu dapat menghilangkan noda menempel pada bagian enamel gigi dan mengembalikan warna putih pada gigi.

Gunakan sedotan untuk konsumsi minum

  • Pada saat mengkonsumsi kopi, teh dan berbagai jenis minuman lainnya sebaiknya menggunakan sedotan, karena dengan menggunakan sedotan maka minuman yang berpengaruh tersebut tidak akan menempel pada bagian gigi. Hal ini pun dikarenakan sedotan dapat mencegah paparan langsung zat yang terdapat pada minuman yang menyerang enamel gigi.

Gosok gigi dengan rutin

  • Menyikat gigi bukan hanya dapat membersihkan gigi dan mulut dari bakteri dan sisa makanan saja, namun akan tetapi hal itupun dapat membantu mengembalikan warna alami gigi. Jika kalian ingin memiliki gigi yang sehat, putih dan bersih maka harus rajinlah menggosok gigi dalam sehari 2kali.

Jadi sekarang kalian sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi gigi yang rusak dan apa saja akibatnya? Semoga ulasan di atas mengenai cara memutihkan gigi dapat membantu kalian semua yang mengalami kerusakan gigi dan perubahan warna pada gigi yang di sebabkan oleh makanan atau minuman dan bakteri. Selamat mencoba cara dan tips di atas semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.