Mengandung dan melahirkan adalah proses alami bagi setiap wanita. Proses kehamilan dan melahirkan seperti yang kita ketahui dapat membuat perut dan pinggul melebar ke samping. Beberapa wanita mengkhawatirkan hal ini setelah melahirkan. Bentuk tubuh yang dulunya seksi dan indah dipandang. Kini setelah melahirkan menjadi melar dan tidak beraturan lagi.

Oleh karena itu, banyak wanita yang ingin cepat-cepat mendapatkan bentuk tubuh idealnya kembali setelah melahirkan. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para wanita yang ingin mengembalikan bentuk tubuhnya seperti sedia kala sebelum melahirkan. Beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan adalah sebagai berikut.

1. Susuilah Bayi Anda
Ada beberapa tanggapan yang salah mengenai menyusui bayi. Beberapa wanita mengkhawatirkan bentuk payudara yang akan semakin mengendur pasca menyusui dan berat badan yang semakin bertambah, padahal mitos ini salah. Justru jika Anda menyusui bayi Anda, maka ukuran tubuh akan semakin menyusut dan dapat kembali ke keadaan semula.

Setiap Anda menyusui sang bayi, Anda akan mengeluarkan 5.000 kalori setiap harinya untuk makanan sang buah hati, selain itu dengan menyusui akan merangsang otot rahim berkontraksi hingga menyusutkan perut kembali ke keadaan semula. Jadi kenapa harus takut dihantui bentsuk badan yang semakin melar. Sementara dengan menyusui bayi Anda adalah salah satu cara untuk membuat bentuk badan kembali ke keadaan sebelum melahirkan.

Baca juga : 6 Olahraga Ini Dipercaya Bisa Mengecilkan Perut Dalam Waktu Singkat.

2. Gunakan Korset dengan Konsisten
Setelah melahirkan, biasanya akan dipasangi korset. Tujuan penggunaan korset ini adalah untuk mengecilkan perut. Selain itu, pemasangan korset ini juga berguna untuk mendorong otot perut untuk kembali ke keadaan semula dan mengurangi pembengkakan. Biasanya pemakaian korset pada awal setelah melahirkan hingga tiga bulan setelah melahirkan.

Beberapa ibu yang baru melahirkan merasa repot dengan pemasangan korset ini, sehingga baru dua minggu setelah melahirkan sudah sering menanggalkan korset atau bahkan tidak memakai korset lagi diakibatkan kegerahan, sempit, susah bernapas atau alasan lainnya. Jadi, bagi ibu yang ingin cepat kembali ke dalam bentuk tubuh sebelum melahirkan, untuk kiranya pasanglah korset dengan konsisten. Dengan begitu, perut yang melar dapat dengan mudah terbentuk ke keadaan semula.

3. Lakukan Senam Kegel
Senam kegel adalah senam untuk mengencangkan otot panggul bagian bawah. Cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan senam kegel ini cukup mudah. Cukup dengan tahan dan keluarkan urin Anda saat buang air kecil. Kemudian berbaringlah, kencangkan otot-otot dasar panggul Anda kemudian tahan selama 5 detik, longgarkan kembali lima detik. Setelah itu Anda bisa mencobanya untuk 10 detik, 15 detik dan lakukan berulang-ulang. Jika Anda rutin melakukan senam kegel, maka dalam beberapa minggu, efeknya akan terasa pada perut Anda.

4. Tetap Melakukan Aktivitas Seperti Biasa
Setelah melahirkan, jangan terlalu manja pada suami atau kerabat. Karena semua hal orang lain yang mengurus, terkadang melakukan hal yang ringan pun terasa sulit. Setelah Anda merasa pulih setelah melahirkan, beraktivitaslah kembali seperti biasa. Kembalilah menekuni pekerjaan rumah tangga seperti biasanya. Ini dapat saja menjadi olahraga ringan bagi Anda, selain itu hal ini akan mempercepat kebugaran tubuh Anda pascamelahirkan kembali normal.

5. Mengonsumsi Makanan Berserat
Makanan berserat banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Untuk itu, hendaknya ganti camilan Anda dengan buah-buahan dan rutinlah makan sayur sebagai pelengkap nasi. Dengan begitu, kebutuhan serat Anda akan tercukupi. Tidak memperbanyak lemak di perut. Anda semakin langsing dan bayi Anda juga mendapatkan nutrisi baik dari buah dan sayur-sayuran yang Anda konsumsi. Sehingga hal ini merupakan solusi baik untuk Anda yang ingin menjaga penampilan dan juga bayi Anda yang harus mendapatkan nutrisi sempurna.

Nah itulah beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang terbukti ampuh. Silakan mencobanya ya.