Gusi bengkak iyalah ciri adaya maslaah pada mulut yang di sebabkan oleh berbagai faktor yang di antaranya, terkena infekis, iritasi makanan, kurangnya asupan gizi, kerusakan pada gigi dan masalah mulut lainnya. Gusi yang bengkak tentu tidak perlu di khawatirkan lagi bagaimana cara mengatasi gusi bengkak dan apa saja penyebabnya? Karena semuanya akan di ulas di bawah ini.

Pahami Apa Saja Penyebab Gusi Bengkak

Seperti pembahasan sebelumnya, gusi yang bengkak iyalah bertanda adanya masalah pada bagian mulut. Namun sebuah masalah itu juga tidak dapat di simpulkan begitu saja karena kita juga harus mengetahui apa sih faktor penyebab gusi mejadi bengkak seperti itu. Jika kita sudah mengetahui soal penyebab bengkaknya gusi, maka kita pun akan dengan mudahnya mengobati masalah tersebut, di bawah ini iyalah beberapa contoh penyebab gusi menjadi bengkak.

Sariawan

  • Gusi yang menjaid bengkak pun bisa mengalami terjadinya sariawan yang di mana luka atau ulkus dan menimbulkan pembengkakan pada gusi.

Merokok

  • Selain tidak baik untuk kesehatan paru paru, merokok juga tidak baik untuk kesehatan mulut, karena kandungan yang terdapat pada tembakau iyalah dapat berakibat membuat gusi menjadi sakit dan bengkak.

Hormon

  • Bengkaknya gusi pun isa di sebabkan oleh masalah hormon pada saat menstruasi, masa kehamilan, menopause dan masa pubertas.

Cara menyikat gigi yang salah

  • Menyikat gigi adalah hal yang begitu penting untuk di lakukan, karena salah sau penyebab bengkaknya gusi iyalah adanya plak gigi dan karang gigi yang dapat menimbuljkan sebuah peradangan pada gusi, namun apa bila menyikat gigi dengan cara yang kuat, menyikat dengan cara berlebihan atau juga menggunakan sikat yang begitu kasar dan tidak sesuai mulut maka itu akan menimbulkan bengkaknya gusi.

Periodontitis dan gingivitis

  • Periodontitis iyalah ineksi pada struktur pendukung gigi yang dapat mengakibatkan gigi terkoyak sampai lepas semua menimbulkan bengkak pada gusi, gusi bernanah dan disertai badan yang demam terkadang sering terjadi. Sedangkan gingivitis yakni peradanga pada gusi yang di sebabkan ineksi.

Gejala Sakit Gusi yang Menjadi Bengkak

Pada umumnya gejala sakit gusi di tandai dengan goyangnya gigi saat bekerja seperti mengunyah makanan atau menggigit makanan. Selain itu gusi pun akan menjadi merah, lunak, mengalami pendarahan saat menyikat gigi dan menjadi bengkak. Hali ini pun iyalah diseutkan sebagai kondisi gingivitis atau yang lebih dikenal dengan radang gusi. Namun, jika di biarkan maka peyakit ini pun akan menjadi periodontitis yang berkembang lebih parah.

Hal ini pun biasanya menimbulkan gejala seperti gigi renggang, bau mulut tidak sedap dan gigi tanggal. Naah untuk itu juga apa bila di antara kalian terdapat gejala seperti yang di sebutkan tadi, aka nada baiknya  segera konsultasikan gigi anda ke dokter gigi sebelum menjadi lebih parah.

Hal Apa yang di Hindari Bagi Penderita?

Walau obat dan menjalankan perawatan, namun sakit gusi tidaklah begitu saja pergi apa bila tidak merubah pola makan yang benar. Maka penting sekali bagi penderita gusi bengkak untuk hindari makanan dan minuman yang memicu pertumbuhan bakteri contohnya seperti di bawah ini.

Makaan dan minuman asam

  • Makanan dan minuman asam iyalah sumber sarangnya bakteri penyebab sakit gusi. Selain itu makanan dan minuman yang mengandung siat asam dapat mengikis lapisan pelindung gusi dan gigi.

Makanan dan minuman dingin

  • Makanan dan minuman yang juga bersifat dingin iyalah tidak bagus untuk saraf saraf gusi dan akar gigi menjadi sakit dan meradang.

Makanan olahan tepung

  • Makanan yang terbuat dari tepung sama saja nilai bahanya seperti makanan dan minuman manis. Meski tampaknya tidak begitu berbahaya, namun tepung memiliki kandungan pati yang sangat mudah menempel pada gusi dan mulut. Jika sudah masuk ke dalam tubuh, maka pati akan berubah menjadi gula yang akan menimbulkan peradagan.

Makanan dan minuman manis

  • Makanan dan minuman manis jika sudah diserap oleh tubuh maka akan menjadi sumber makanan bagi bakteri penyebab sakit gusi. Gula yang menempel pada gusi juga akan berubah menjadi asam. Tempat yang asam justru menjadi tempat berkembang biaknya bakteri pada gusi dan bakteripun akan sulit untuk dihilangkan.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi yang bengkak tentu menjadi masalah yang sangat menyebalkan sekali, selain sulit untuk mengunyah gusi yan begkak juga membuat bau mulut. Naah di bawah ini iyalah beberapa cara untuk mengatasi gusi yang bengkak.

Lidah buaya

  • Gel lidah buaya memang memiliki aroma yang tidak begitu enak, namun dari kandungan gel lidah buaya itu pula kita dapat memeproleh sebuah manfaat untuk mengatasi gusi yang bengkak. Cara mmebuat ramuan dari gel lidah buaya iylah dengan cara mengoleskan lednir lidah buaya atau kalian juga bisa melanjutkan cara lainnya yaitu dengan mencampukan gel lidah buaya ke dalam satu gelas air hangat, kemudian berkumur. Lakukan cara tersebut setiap hari sampai gusi tidak bengkak.

Teh hitam

  • Kandungan tannin pada teh hitam dipercayai sanat ampuh dalam mengatasi gusi bengkak. Cara mengatasi gusi bengkak dengan teh hitam iyalah dengan menyeduh 1celup teh hitam dengan air panas, lalau ambil dan diamkan sebentar dan tempelkan pad agusi yang bengkak selama 15 menit. Lalu berkumur dengan air garam hangat agar lebih maksimal mengatasinya.

Minyak cengkeh

  • Cara yang satu ini yakni telah dipercayai dari sejak lama dan bahan cara satu ini juga iyalah cara tradisional dalam mengatasi gusi bengkak. Cara mengatasi gusi bengkak dengan minyak cengkeh iyalah dengan meneteskan minyak cengkeh pada kapas lalu oleskan pada gusi yang bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak alami

Lemon hangat

  • Peras air lemon secukupnya, tambahkan air putih hangat sebanyak satu gelas lalu berkumurlah. Lakukan cara ini sebanyak 2kali dalam sehari sampai rasa sakit dan gusinya tidak bengkak lagi.

Air garam hangat

  • Campurkan garam sebanyak satu sendok dengan satu gelas air hangat, lalu berkumur sampai merata dan lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam setiap hari.

Banyak minum air putih

  • Pada saat peradangan pada gusi membengkak, maka saat itu pun produksi air liur menjadi berkurang, sehingga maka dari itu sangat di anjurkan sekali untuk mengkonsumsi air putih agar air liur tetap banyak dan sekaligus membasmi bakteri yang menempel pada gusi dan rongga mulut.

Kulit andong

  • Ambilah kulit andong yang telah dicuci bersih, llau kupas dan tambahkan sedikit garam lalu campur hingga merata. Jika sudah merata lalu oleskan pada bagian gusi yang bengkak dan lakukan cara itu setiap hari hingga rasa sakit berkurang dan bengkaknya hilang.

Demikianlah ulasan cara mengatasi gusi bengkak yang dapat di uraikan di atas, semoga bermanfaat untuk kalian semua.